Kadar Protein, Kadar Abu Dan Zat Besi Nugget Hati Ayam Dan Hati Sapi Dengan Menggunakan Tepung Terigu Dan Tepung Tapioka

Hanif, Muhammad and Dr. Dedes Amertaningtyas, S. Pt, MP (2021) Kadar Protein, Kadar Abu Dan Zat Besi Nugget Hati Ayam Dan Hati Sapi Dengan Menggunakan Tepung Terigu Dan Tepung Tapioka. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Nugget merupakan salah satu produk olahan daging yang dibuat dengan cara dicetak, dimasak, dibekukan, terbuat dari campuran daging giling, bumbu – bumbu, bahan pengisi, dan bahan pelapis. Salah satu terobosan baru dalam pembuatan nugget yaitu dengan menggunakan bahan baku berupa hati ayam pedaging dan hati sapi dengan menggunakan tepung terigu atau atau tepung tapioka. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kadar protein, kadar abu dan zat besi pada nugget hati ayam dan nugget hati sapi dengan berbahan tepung terigu dan tepung tapioka. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi informasi penambahan tepung terigu dan tepung tapioka pada nugget hati ayam dan hati sapi terhadap kadar protein, kadar abu dan zat besi sehingga dapat menjadi inspirasi untuk mengembangkan inovasi produk olahan pangan hasil ternak dan ide wirausaha. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Teknologi Hasil Ternak, Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya dan pengujian kadar protein dan abu dilakukan di Laboratorium Nutrisi dan Makanan Ternak, Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya dan pengujian kadar besi (Fe) dilakukan di Laboratorium Biosience di Politeknik Negeri Jember. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus sampai Oktober 2020. Materi penelitian ini adalah hati ayam pedaging segar dan hati sapi segar, tepung terigu dan tepung tapioka, bahan tambahan lainnya yaitu telur, bawang putih, gula, garam, dan lada. Metode penelitian yang digunakan adalah percobaan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola Tersarang (Nested Experiment Design) dengan 4 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuan terdiri dari nugget hati ayam dengan tepung terigu (P0), nugget hati ayam dengan tepung tapioka (P1), nugget hati sapi dengan tepung terigu (P2), dan nugget hati sapi dengan tepung tapioka (P3). Variabel yang diukur adalah kadar protein (%), kadar abu (%), dan zat besi (ppm). Data dianalisis menggunakan analisis ragam dan dilanjutkan dengan Uji Jarak Berganda Duncan jika terdapat perbedaan antar perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan tepung terigu dan tepung tapioka pada pembuatan nugget hati ayam dan nugget hati sapi, tidak berpengaruh nyata (p>0,01) terhadap kadar protein, kadar abu dan zat besi. Rataan kadar protein nugget hati ayam dan nugget hati sapi yaitu 18,75% sampai 19,93%, kadar abu 3,53% sampai 3,70%, dan zat besi 87,69 sampai 116,60 ppm. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perlakuan nugget hati ayam dengan tepung tapioka (P0) memiliki nilai kadar protein, kadar abu dan zat besi terbaik dibanding dengan perlakuan lain. Saran dari penelitian ini adalah ditambahkan bahan pangan lainnya seperti sayur, jamur, atau daging ikan sehingga menjadi nugget yang memiliki banyak nutrisi yang beragam serta dilakukan uji tambahan seperti kolesterol vitamin A dan lemak.

English Abstract

The purpose of this study was to find out the protein, ash and iron content in chicken liver nuggets and beef liver nuggets made from wheat flour and tapioca flour. The ingredients used in the making of chicken liver nuggets and beef liver was chicken broiler liver and beef liver, wheat flour, tapioca flour, eggs, garlic, sugar, salt, and pepper. The research method used is Randomized Group Design Nested Test method with 4 treatments and 3 tests consisting of treatments: chicken liver nuggets with wheat flour (P0), chicken liver nuggets with tapioca flour (P1), beef liver nuggets with wheat flour (P2), and beef liver nuggets with tapioca flour (P3). The data were analyzed using variety analysis and continued with Duncan's Multiple Distance Test (DMRT) if there were differences between treatments. The results showed the average value of protein content is 18.75% - 19.93%, ash content 3.53% - 3.70%, and iron 87.69 - 116.60 ppm. The conclusion of this study is that the influence of the use of wheat flour and tapioca flour has no effect on the making of chicken liver nuggets and beef liver nuggets both from the value of protein, ash and iron content.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521050121
Uncontrolled Keywords: chicken liver, beef liver, protein, ash content, iron content
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 12 Jan 2022 04:40
Last Modified: 02 Oct 2024 03:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/188233
[thumbnail of Muhammad Hanif.pdf] Text
Muhammad Hanif.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item