Putera, Adi Susila and Ismiarta Aknuranda, S.T., M.Sc., Ph.D and Diah Priharsari, S.T., M.T., Ph.D (2020) Identifikasi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemasaran Berbasis Teknologi Informasi Untuk Produk Pengelolaan Sampah. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pengelolaan sampah masih menjadi masalah utama yang dihadapi oleh berbagai negara di dunia. Pengelolaan sampah masih hanya sebatas melakukan pengurangan jumlah sampah yang dibuang secara langsung ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Dalam proses pengelolaan sampah, sampah sebenarnya dapat dimanfaatkan kembali menjadi suatu produk atau barang yang memiliki nilai ekonomis. Sesuai dengan kebijakan pemerintah dalam proses pengurangan volume dan pengelolaan sampah, maka pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup (LHK) mendirikan suatu lembaga/organisasi pengelolaan sampah melalui Bank Sampah. Bank Sampah semakin hari semakin banyak yang berdiri dan salah satunya di Kota Malang. Bank Sampah Malang (BSM) menjadi salah bank sampah pencetus dalam melakukan pengelolaan sampah dan pemasaran produk pengelolaan sampah. Namun proses pemasaran dengan memanfaatkan TI terhadap produk pengelolaan sampah di BSM belum dilakukan. Pemasaran saat ini hanya dilakukan secara tradisional. Pada penelitian ini dilakukan Systematic Literature Review (SLR) untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pemasaran produk pengelolaan sampah dan proses pemasaran berbasis TI yang telah digunakan oleh organisasi-organisasi seperti BSM selama ini. Selain itu penelitian ini pun memberikan solusi rekomendasi terhadap proses pemasaran produk pengelolaan sampah dengan memanfaatkan TI di BSM. Solusi pemasaran produk pengelolaan sampah diharapkan mampu menjawab permasalahan yang ada. Selain dengan memanfaatkan TI, proses pemasaran pun harus dilakukan secara tradisional dan memberikan nama brand agar konsumen dengan mudah mengenali produk BSM.
English Abstract
Waste management is still a major problem faced by various countries in the world. Waste management is still limited to reducing the amount of waste that is disposed of directly to the final disposal site (TPA). In the waste management process, waste can actually be reused into a product or item that has economic value. In accordance with government policy in the process of volume reduction and waste management, the government through the Ministry of Environment (LHK) has established a waste management institution / organization through the Waste Bank. More and more Waste Banks are established and one of them is in Malang City. Malang Garbage Bank (BSM) is one of the originating waste banks in carrying out waste management and marketing of waste management products. However, the marketing process by utilizing IT for waste management products at BSM has not been implemented. Marketing today is only done traditionally. In this study, a Systematic Literature Review (SLR) was conducted to determine the factors that affect the marketing of waste management products and the IT-based marketing processes that have been used by organizations such as BSM so far. In addition, this research also provides recommendation solutions for the marketing process of waste management products by utilizing IT at BSM. It is hoped that the waste management product marketing solution will be able to answer the existing problems. Apart from utilizing IT, the marketing process must also be carried out traditionally and provide a brand name so that consumers can easily recognize BSM products.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0420150002 |
Uncontrolled Keywords: | Bank Sampah Malang, Systematic Literature Review, Pemasarn Produk Pengelolaan Sampah, Malang Garbage Bank, Systematic Literature Review, Waste Management Product Marketing, |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science |
Divisions: | S2/S3 > Magister Ilmu Komputer, Fakultas Ilmu Komputer |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 12 Jan 2022 03:55 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 07:30 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/188219 |
Text
Adi Susila Putera.pdf Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |