Analisis Program Corporate Social Responsibility (Csr) Pt Charoen Pokphand Indonesia Tbk

Hidayati, Nabila Nur and Rizki Prafitri,, S.Pt., M.A., Ph.D. (2021) Analisis Program Corporate Social Responsibility (Csr) Pt Charoen Pokphand Indonesia Tbk. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia merupakan negara dengan potensi peningkatan ekonomi yang cukup tinggi dan mengalami perkembangan ekonomi yang cukup pesat. Dalam hal ini, perusahaan bersaing secara kompetitif dalam hal mempertahankan konsumen dengan usahanya dalam membangun citra perusahaan. Persaingan perusahaan tersebut menimbulkan keinginan perusahaan untuk meningkatkan performa dan citra dari perusahaan itu sendiri. Usaha peningkatan citra dan performa perusahaan tenutnya berpengaruh terhadap lingkungan maupun pola sosial dan ekonomi masyarakat sekitar perusahaan. Maka dari itu, beberapa perusahaan mulai menerapkan CSR (Corporate Social Responsibility) guna menangani dampak permasalahan yang ada sekaligus meningkatkan citra perusahaan. Program CSR juga dilakukan pada beberapa perusahaan peternakan di Indonesia, yaitu PT Charoen Pokphand Indonesia (PT CPI), PT Japfa Comfeed Indonesia (PT JCI) dan PT Nestle Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa perkembangan program CSR (Corporate Social Responsibility) PT Charoen Pokphand Indonesia yang disesuaikan oleh Standart GRI (Global Reporting Initiative) dan mengetahui peran program CSR PT Charoen Pokphand Indonesia terhadap stakeholder perusahaan. Hasil penelitian diharapkan dapat digunakan sebagai bahan informasi dalam pengembangan program CSR pada PT Charoen Pokphand Indonesia dan sebagai informasi mengenai peran CSR terhadap stakeholder yang diterapkan oleh PT Charoen Pokphand Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan November hingga Desember 2020. Pengambilan data dilakukan secara daring melalui web resmi PT Charoen Pokphand Indonesia, yaitu www.cp.co.id. Data diperoleh dari laporan Tahunan mulai tahun 2011 hingga 2019 yang kemudian ditabulasi dan dijadikan sebagai data utama dalam penelitian ini. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis data deskriptif Critical Social Science. Critical theory yang digunakan yaitu teori kritik social dan teori kritik literatur. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara dokumentasi. Sumber data yang digunakan peneliti adalah menggunakan Data Sekunder. Data sekunder diperoleh dari teknik pengumpulan data yang bersumber dari buku, jurnal, laporan tahunan dan literatur yang berhubungan dengan masalah penelitian. Pengambilan data dilakukan secara daring melalui website resmi PT Charoen Pokphand Indonesia, yaitu www.cp.co.id dari mulai tahun 2011 hingga 2019. Hasil penelitian program CSR pada PT Charoen Pokphand Indonesia adalah PT CPI memiliki program CSR yang terus berkembang setiap tahunnya. Dimulai sejak tahun 2011 hingga tahun 2019 PT CPI telah berusaha melaksanakan program CSR nya dengan baik seperti yang dilaporkan pada laporan tahunan perusahaan. Aspek CSR PT CPI diantaranya ada aspek social masyarakat, perkara hukum, lingkungan hidup, K3, pengembangan komunitas dan tanggung jawab produk. Dari keseluruhan aspek yang dinggap telah berhasil dalam pelaksanaannya, terdapat beberapa aspek yang masih perlu dilakukan konfirmasi berlanjut kepada pihak perseroan, yaitu bidang perkara hukum yang tidak dilanjutkan dalam laporan tahunan, kurangnya penjelasan secara detail mengenai aspek lingkungan hidup serta adanya ketidaksesuaian antara laporan dari pihak CPI dengan hasil penelitian Wijaya (2015) terkait aspek K3. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1) Program CSR PT CPI terus berkembang dari tahun 2011 hingga tahun 2019 dengan pembagian aspek yang lebih kompleks dan telah disesuaikan dengan standar GRI (Global Reporting Initiative), 2) Perseroan berusaha untuk mengungkapkan CSR dengan melakukan publikasi dan mencantumkannya pada Laporan Tahunan yang bisa diakses oleh berbagai pihak. Hal ini merupakan sebuah transparansi agar masyarakat mampu melihat bagaimana perusahaan berkontribusi terhadap sosial lingkungan. Meskipun begitu, beberapa hal yang berkaitan dengan pelaksanaan CSR PT CPI masih belum dijelaskan secara rinci dalam laporan tahunan. Salah satu contohnya adalah bidang perkara hukum yang tidak dilanjutkan dalam laporan tahunan, kurangnya penjelasan secara detail mengenai aspek lingkungan hidup serta adanya ketidaksesuaian antara laporan dari pihak CPI dengan hasil penelitian Wijaya (2015) terkait aspek K3. Saran untuk pihak PT CPI, perlu adanya penjelasan mengenai pemetaan pemangku kepentingan (stakeholder) dan keterkaitannya dengan aspek kegiatan CSR yang dilaksanakan agar adanya transparasi terkait informasi CSR dan stakeholder. Penelitian lebih lanjut dengan menggunakan data primer dengan interview mendalam dengan pihak PT CPI akan sangat penting untuk mengonfirmasi keterbatasan penelitian ini yang dilakukan dengan menggunakan data sekunder.

English Abstract

This study aims to analyze the development of PT Charoen Pokphand Indonesia's CSR (Corporate Social Responsibility) programs and its role towards company stakeholders. The study result could be used as supporting information for CSR program development at PT Charoen Pokphand Indonesia. This study was conducted from November to December 2020. The data was collected online through the official website of PT Charoen Pokphand Indonesia, which can be accessed on www.cp.co.id. Main data of the study were obtained from annual reports from 2011 to 2019. This study utilized qualitative methods with descriptive Critical Social Science data analysis. The source of the data used by the researcher is secondary data. The results of this study conclude that in every period PT Charoen Pokphand Indonesia always runs its CSR program well in various fields. The implementation of CSR also involves stakeholders including the community, breeders, and the government. The CSR program has continued to develop from 2011 to 2019 with a more complex division of aspects and has been adjusted to the standards of the GRI (Global Reporting Initiative). According to the PT CPI Annual Report, the Company strives to disclose its CSR by publishing and including it in the Annual Report which can be accessed by various parties. This is a form of transparency so that the public can see how the company contributes to the social environment. Suggestions for the Company, it is necessary to have an explanation regarding stakeholder mapping and its relationship with aspects of CSR activities carried out by PT Charoen Pokphand Indonesia so that all information related to CSR and stakeholders can be maximally transparent and there is no misunderstanding between the two parties.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521050112
Uncontrolled Keywords: CSR, Stakeholders, CPI
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 12 Jan 2022 02:26
Last Modified: 03 Oct 2024 06:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/188202
[thumbnail of Nabila Nur Hidayati.pdf] Text
Nabila Nur Hidayati.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Nabila Nur Hidayati.pdf] Text
Nabila Nur Hidayati.pdf

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item