Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Kota Tangerang

Naomi, Magdalena Elshadday (2021) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Kota Tangerang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai faktor-faktor yang berpengaruh terhadap penggunaan informasi akuntansi pada UMKM, yaitu tingkat pendidikan, skala usaha, umur perusahaan, pelatihan akuntansi, dan pengetahuan akuntansi. Objek penelitian ini adalah pelaku UMKM yang terdaftar di Dinas Koperasi dan UMKM Kota Tangerang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang berasal dari kuesioner yang dibagikan kepada responden. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji model regresi linear berganda, serja uji hipotesis menggunakan SPSS 24 for Windows. Hasil pengujian menunjukkan bahwa tingkat pendidikan, skala usaha, umur perusahaan, pelatihan akuntansi, dan pengetahuan akuntansi berpengaruh positif signifikan terhadap penggunaan informasi akuntansi pada UMKM di kota Tangerang.

English Abstract

This research aims to obtain empirical evidence regarding the factors that influence the use of accounting information at MSMEs, namely educational level, firm scale, firm age, accounting training, and accounting knowledge. The object of this research is the MSMEs owners that registered in Cooperatives Small and Medium Enterprises Office of Tangerang City. The data used in this study is primary data collected using questionnaires distributed to respondents. Sample used in this research is 100 respondents. This research uses some data analysis techniques, those are descriptive statistics, normality test, multicollinearity test, heteroscedasticity test, multiple linear regression model test, and hypothesis test using SPSS 24 for Windows. The result of this research shows that educational level, firm scale, firrm age, accounting training, and accounting knowledge has a significant positive effect on the use of MSMEs accounting information in Tangerang City

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521020185
Uncontrolled Keywords: tingkat pendidikan, skala usaha, umur perusahaan, pelatihan akuntansi, pengetahuan akuntansi, penggunaan informasi akuntansi, dan UMKM., eduacation level, firm scale, firm age, accounting training, accounting knowledge, use of accounting information, and MSMEs.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 11 Jan 2022 04:08
Last Modified: 23 Feb 2022 08:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/188143
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
MAGDALENA ELSHADDAY NAOMI_175020301111061.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item