Pengaruh Metode Drill Menggunakan Quizizz Terhadap Peningkatan Kemampuan Menghafal Huruf Hiragana Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Batu. Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang,

Pawestri Abhi, Rosalina and Febi Ariani Saragih, S.Pd., M.Pd. (2021) Pengaruh Metode Drill Menggunakan Quizizz Terhadap Peningkatan Kemampuan Menghafal Huruf Hiragana Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Batu. Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh, proses pembelajaran yang dilakukan guru, dan persepsi siswa terhadap penerapan metode drill menggunakan quizizz untuk meningkatkan kemampuan siswa menghafal huruf hiragana. Pada pengamatan proses pembelajaran hiragana menggunakan metode drill ini, penulis mengkaji berdasarkan teori metode drill serta langkah-langkah penerapan nya. Penelitian ini termasuk jenis pra eksperimen yang menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan desain pre-experimental one group pretest-posttest. Teknik pengumpulan data bersumber pada tes, observasi, kuesioner tertutup, dan dokumentasi. Dalam mengolah dan menganalisis data, penulis menggunakan bantuan program Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) versi 21, dengan menarik kesimpulan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pretest 58,8 dan nilai posttest 83,6. Dari hasil pengujian menggunakan Paired Sample t-test yaitu t hitung lebih besar dari t tabel (t hitung= 7,698 > t tabel= 2,026) dengan nilai signifikansi 0,000. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa metode drill menggunakan quizizz dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menghafal huruf hiragana secara signifikan. Hal ini juga dipengaruhi dengan adanya penerapan metode drill menggunakan quizizz yang dilakukan guru dengan sangat baik. Selain itu berdasarkan hasil sebaran kuesioner, menunjukkan bahwa siswa memberikan persepsi yang baik terhadap penggunaan metode drill menggunakan quizizz untuk meningkatkan kemampuan menghafal huruf hiragana.

English Abstract

-

Other obstract

この研究は、ひらがなの暗記能力を向上させるためにQuizizzを用いたドリル方法を適用した場合の効果、教師による学習プロセス、および生徒の認識を明らかにすることを目的としています。研究者は、ひらがなの学習過程を観察しながら、ドリル法理論を用いてステップを議論しました。この研究は実験前の調査であり、事後設計に対して定量的なアプローチを使用する事前実験計画one group pretest-posttest デザイン。 データ収集手法は、テスト、観察、非公開のアンケート、および文書化に基づいています。データの処理と分析では、ライターは記述統計を使用して結論を導き出すことにより、SPSS statistic 21 プログラム を使用しています。 結果は、テスト前の平均スコアが58.8であり、テスト後のスコアが83.6であることを示しました。テスト結果は、対応のある Paired sample t-test 使用して取得されました、ここで t ーカウントは t ーテーブルよりも大きく (tー カウント = 7,698 > t ーテーブル = 2,026)、有意水準は 0.000 です。それから、Quizizzを使用したドリル方法は、ひらがなを覚える生徒の能力を大幅に向上させることができると結論付けることができます。教師がメソッドをどれだけうまく適用したかも結果に影響します。それにアンケートの結果から、生徒はひらがなを暗記する能力を向上させるために、Quizizz を通じてドリル メソッドを使用することについて、良い認識を示しています。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521120028
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Metode Drill, Kemampuan menghafal, Huruf Hiragana
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: yulia Chasanah
Date Deposited: 11 Jan 2022 03:22
Last Modified: 04 Oct 2024 01:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/188135
[thumbnail of Rosalina Abhi Pawestri.pdf] Text
Rosalina Abhi Pawestri.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item