Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Keuangan Pada Perbankan yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) (Studi terhadap Perusahaan Bank yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019)

Nurrahman, Muhammad Farhan (2021) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Keuangan Pada Perbankan yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) (Studi terhadap Perusahaan Bank yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja keuangan pada perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Faktorfaktor tersebut adalah net interest margin (NIM), beban operasional dan pendapatan operasional (BOPO), loan to deposit ratio (LDR), ukuran perusahaan (SIZE), dan mobile banking (MBANKING). Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari laporan tahunan publikasi perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI, website resmi perbankan, serta Google Playstore. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Berdasarkan metode purposive sampling, sampel yang layak digunakan sebanyak 40 perusahaan perbankan. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder, yang merupakan gabungan dari data time series dan cross section. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian ini berupa gambaran analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja keuangan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel NIM, BOPO, dan SIZE berpengaruh positif signifikan terhadap ROA, sedangkan LDR dan MBANKING tidak berpengaruh signifikan terhadap ROA. Nilai koefisien determinan yang menunjukkan besarnya pengaruh NIM, BOPO, LDR, SIZE, dan MBANKING terhadap ROA sebesar 55,0% sedangan sisanya sebesar 45,0% dijelaskan oleh pengaruh lainnya diluar model.

English Abstract

This study aims to examine the factors affecting the financial performance of banking companies listed on Indonesia Stock Exchange (IDX), incorporating net interest margin (NIM), operating cost on operational revenues (BOPO), loan to deposit ratio (LDR), company size (SIZE), and mobile banking (MBANKING). This study employs quantitative method, and the data involve the annual reports published by the banking companies listed on IDX on their official websites and Google Playstore. The qualified samples of 40 banking companies are selected through purposive sampling. This study utilises secondary data, a combination of time series and cross section data. The results of multiple linear regression analysis reveal that NIM, BOPO, and SIZE have a significant positive effect on ROA while LDR and MBANKING have no significant effect on ROA. The determinant coefficient value of the magnitude of the effect of NIM, BOPO, LDR, SIZE, and MBANKING on ROA records 55.0% while the remaining 45.0% is affected by other factors outside the model.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521020178
Uncontrolled Keywords: Net Interest Margin (NIM), Beban Operasional dan Pendapatan Operasional (BOPO), Loan to Deposit Ratio (LDR), Ukuran Perusahaan (SIZE), Mobile Banking (MBANKING), Return on Asset (ROA)., Net Interest Margin (NIM), Operating Cost on Operational Revenues (BOPO), Loan to Deposit Ratio (LDR), Company Size (SIZE), Mobile Banking (MBANKING), Return on Assets (ROA).
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 11 Jan 2022 02:26
Last Modified: 24 Feb 2022 02:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/188124
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Farhan Nurrahman 175020307111018.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item