Inovasi Produk sebagai Mediasi Pengaruh Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha dalam Konteks UKM: Studi pada UKM Kreatif (Fesyen) di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Astuti, Widhy Tri and Prof. Dr. Achmad Sudiro,, SE., ME and Prof. Dr. Djumilah Hadiwidjoyo,, SE and DR. Sudjatno,, SE., MS (2021) Inovasi Produk sebagai Mediasi Pengaruh Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha dalam Konteks UKM: Studi pada UKM Kreatif (Fesyen) di Daerah Istimewa Yogyakarta. Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, menguji dan menjelaskan pengaruh orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja UKM serta peran inovasi produk sebagi variabel mediasi. Penelitian ini juga mengembangkan dan mengkaji model pengukuran orientasi pasar dalam konteks UKM. Unit analisis dalam penelitian adalah UKM berdasarkan data dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah DIY tahun 2016 dan sebagai responden adalah pemilik/pengelola UKM. Sampel sebanyak 187 pemilik/pengelola UKM kreatif fesyen (batik, tenun ATBM, kerajinan aksesoris dari kulit dan perak) yang dipilih berdasarkan metode probability sampling, dengan teknik proportional area random sampling untuk masing-masing wilayah di Daerah Istimewa Yogyakarta (Kota Yogyakarta, Kabupaten Bantul, Kabupaten Kulon Progo, Kabupaten Gunungkidul dan Kabupaten Sleman). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling dengan software AMOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja usaha. Hasil temuan lain menunjukkan bahwa inovasi produk berperan sebagai mediasi pengaruh orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja usaha UKM, meskipun peran mediasi inovasi produk ternyata lebih kecil (mediasi parsial) dibanding dengan pengaruh langsungnya. Secara keseluruhan, hasil studi ini mengindikasikan bahwa kombinasi antara orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan merupakan instrumen yang menentukan tercapainya kinerja UKM baik secara langsung maupun melalui inovasi produk sehingga mampu meningkatkan kinerja UKM kreatif (fesyen). Hasil yang menarik adalah penelitian ini menawarkan dan mengkaji model integrasi pengukuran orientasi pasar dalam konteks UKM yang terdiri atas lima dimensi, yaitu: orientasi pelanggan, orientasi pesaing, koordinasi antar fungsi, responsivitas atas intelijensi pasar, orientasi manfaat sosial. Model pengukuran ini diharapkan dapat menutup kekurangan pada model pengukuran sebelumnya yang kemungkinan telah terjadi bias karena menggunakan pengukuran orientasi pasar yang diaplikasikan untuk organisasi/perusahaan besar.

English Abstract

The objective of this study is to analyze, assess, and explain the effect of market orientation and entrepreneurial orientation on SME’s performance and the roles of product innovation as the mediator. This research also develops and studies the model of market orientation measurement in the context of SME. The unit of analysis is SME based on the 2016 data provided by Cooperative and Small and Medium-sized Enterprises Agency of the Special Region of Yogyakarta. The respondents are SME owners or managers. The sample of this research is 187 owners or managers of creative fashion SME engaged in batik, non-machine loom textile, and gold and silver craft industry. They were selected using probability sampling method with proportional area random sampling applied in all regions of Yogyakarta, i.e. Yogyakarta city, Bantul, Kulon Progo, Gunung Kidul, and Sleman. The data of this quantitative research was analyzed using Structural Equation Modeling in AMOS. This study finds that market orientation and entrepreneurial orientation have positive and significant effects on SME’s business performance and that product innovation mediates the effect of market orientation and entrepreneurial orientation on SME’s business performance although the partial mediation effect is weaker than the direct effect. The findings indicate that combination between market orientation and entrepreneurial orientation is instrumental in the achievement of the SME’s business performance, both directly and indirectly through product innovation. The attractive point of this research is that it offers and studies the integrated model of market orientation measurement in the context of SME which consists of five dimensions: customer orientation, competitor orientation, coordination between functions, market responsiveness and intelligence, and social benefit orientation. This model is expected to cover flaws found in previous researches as they were biased due to the use of market orientation measurement that had been actually designed for larger organizations or companies.

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: 062102
Uncontrolled Keywords: Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, Inovasi, Kinerja Usaha,market orientation, entrepreneurial orientation, innovation, business performance
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: S2/S3 > Doktor Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 11 Jan 2022 02:12
Last Modified: 04 Oct 2024 06:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/188118
[thumbnail of Widhi Tri Astuti.pdf] Text
Widhi Tri Astuti.pdf

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item