Kesesuaian Isi Buku Ajar Nihongo Hajimemashou A1 dengan Standar Higher Order Thinking Skills (HOTS). Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang

Irawan, Kiky Febryanti. and Febi Ariani Saragih, S.Pd., M.Pd. (2021) Kesesuaian Isi Buku Ajar Nihongo Hajimemashou A1 dengan Standar Higher Order Thinking Skills (HOTS). Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Buku ajar merupakan media dalam proses pembelajaran. Standar buku yang digunakan dengan menyesuaikan perkembangan teknologi adalah standar HOTS. HOTS merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi yang mampu dalam menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta (Anderson dan Karthwol, 2001:66). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian buku ajar Nihongo Hajimemashou A1 dengan standar Higher Order Thinking Skills (HOTS). Analisis ini didasarkan pada kriteria buku ajar yang mencakup keterampilan berpikir tingkat tinggi menurut materi yang disajikan. Penelitian ini menggunakan metode analisis konten atau isi dengan tahapan membaca dan memilah isi buku dari bab 1 sampai 12, kemudian menyesuaikan pada aspek isi dan skill bahasa Jepang yaitu skill membaca, skill mendengarkan, skill berbicara, dan skill menulis dengan standar Higher Order Thinking Skills (HOTS). Hasil analisis pada kualikasi C4 (menganalisis) dalam setiap skill adalah sangat sesuai, kualifikasi C5 (mengevaluasi) masih sangat kurang dan kualifikasi C6 (mencipta) cukup sesuai dalam skill menulis. Pada kemampuan mengevaluasi (C5) ini dapat terlaksana apabila pengajar mampu memberikan perintah untuk mengerjakan soal dengan proses evaluasi. Oleh karena itu, peran pengajar dalam pemahaman cara mengajar dengan menerapkan pola berpikir tingkat tinggi sangat penting dalam membantu pembelajar untuk mencapai tujuan pembelajaran.

English Abstract

-

Other obstract

教科書は、教育過程におけるメディアの1つです。技術の発展に合わせて教科書で使用された標準は、HOTS標準と呼ばれます。 HOTSは、評価を分析し、作成する能力で構成される高次思考スキルの略です(Anderson and Karthwol、2001:66)。この研究は、高次思考スキル(HOTS)基準を備えた日本語はじめましょうA1教科書の適合性を判断することを目的としています。 分析は、提示された資料によるHOTSを含む教科書の基準に基づいています。本研究では、本の内容を第1章から第12章まで読んで分類し、読解力、聴解力、会話力、作文などの内容面と日本語力を調整する段階のコンテストまたは内容分析法を使用します。高次思考スキル基準(HOTS)のスキル。 各スキルのC4資格の分析結果は非常に適切であり、C5資格はまだ非常に不足しており、C6資格はライティングスキルに非常に適しています。評価する能力(C5)では、教師が評価プロセスを実行することによって質問に取り組むように命令することができる場合、これを行うことができます。したがって、高次の思考パターンを適用して教える方法を理解する上での教師の役割は、学習者が学習目標を達成するのを助ける上で非常に重要です。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521120018
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: HOTS, Buku Ajar Nihongo Hajimemashou A1, Skill Bahasa Jepang
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: yulia Chasanah
Date Deposited: 10 Jan 2022 06:48
Last Modified: 11 Oct 2024 02:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/188070
[thumbnail of Kiky Febryanti Irawan.pdf] Text
Kiky Febryanti Irawan.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item