Analisis Pengaruh Teori Fraud Pentagon Dan Efikasi Diri Terhadap Kecurangan Akademik Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring

Fauzan, Nugroho Ahmad (2021) Analisis Pengaruh Teori Fraud Pentagon Dan Efikasi Diri Terhadap Kecurangan Akademik Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kecurangan akademik adalah suatu tindakan yang dilakukan dengan tidak jujur dalam memperoleh pencapaian di bidang akademik. Kecurangan akademik juga bisa terjadi pada pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh teori fraud pentagon yaitu tekanan, kesempatan, rasionalisasi, kemampuan, dan arogansi serta efikasi diri terhadap kecurangan akademik mahasiswa pada pembelajaran daring. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. Penelitian ini menggunakan metode survei dan teknik convenience sampling. Model regresi penelitian ini adalah analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tekanan, kesempatan, dan kemampuan berpengaruh terhadap kecurangan akademik mahasiswa pada pembelajaran daring. Sedangkan rasionalisasi, arogansi, dan efikasi diri tidak berpengaruh terhadap kecurangan akademik mahasiswa pada pembelajaran daring.

English Abstract

Academic fraud refers to various dishonest actions to attain academic achievements, not to mention, on online learning. This study aims to examine the effect of the fraud pentagon, including pressure, opportunity, rationalization, capability, arrogance, and self-efficacy on student academic fraud on online learning. The population of this study involves the undergraduate students of the Faculty of Economics and Business of Universitas Brawijaya. The samples are selected through survey and convenience sampling technique, and analyzed by multiple regression utilizing SPSS software. The results reveal that pressure, opportunity, and capability have an effect on student academic fraud on online learning. Whilst, rationalization, arrogance, and self-efficacy have no effect on student academic fraud on online learning.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521020164
Uncontrolled Keywords: Kecurangan Akademik, Fraud Pentagon, Efikasi Diri, Academic Fraud, Fraud Pentagon, Self-Efficacy
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 10 Jan 2022 04:39
Last Modified: 01 Mar 2022 02:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/188048
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nugroho Ahmad Fauzan 155020300111059.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item