Analisis Strategi dalam Pemerolehan Kosa Kata Bahasa Inggris dalam Video Games pada Mahasiswa Sastra Inggris Universitas Brawijaya.

Malik, Fadhil. and Dr. Ida Puji Lestari, S.Pd.,M.Pd. (2021) Analisis Strategi dalam Pemerolehan Kosa Kata Bahasa Inggris dalam Video Games pada Mahasiswa Sastra Inggris Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kosa kata merupakan elemen dasar suatu bahasa. Untuk memperoleh kosa kata terdapat beberapa strategi yang digunakan oleh pelajar bahasa Inggris yang dapat disesuaikan salah satu sarananya menggunakan video games. Di dalam penelitian ini, penulis tertarik untuk menganalisis strategi yang digunakan mahasiswa Sastra Inggris Universitas Brawijaya dalam memperoleh kosa kata melalui video games. Rumusan masalah yang ingin diungkapkan pada penelitian ini berfokus pada dua pertanyaan mendasar yaitu: (1) Strategi apa yang paling banyak digunakan oleh mahasiswa Sastra Inggris Universitas Brawijaya? (2) Apa keuntungan menggunakan video games sebagai sarana pemerolehan kosa kata bahasa Inggris. Di dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berfokus pada wawancara mendalam terhadap setiap partisipannya. Partisipan dari penelitian ini terdiri dari 6 orang mahasiswa Sastra Inggris Univeresitas Brawijaya Angkatan 2017-2020. Penelitian ini berdasar pada teori yang dikemukakan oleh Schmitt (1997) yang berisikan taksonomi strategi pemerolehan kosa kata dalam suatu bahasa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang banyak digunakan oleh partisipan adalah strategi kognitif disusul dengan strategi konsolidasi, dan strategi penyimpanan sebagai strategi yang paling sedikit digunakan. Dari hasil tersebut, dikemukakan juga bahwa video games menjadi sarana yang menyenangkan untuk memeperoleh kosa kata karena terdapat visualisasi, umpan balik di dalamnya, dan dapat memacu motivasi. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pelajar bahasa kedua untuk mengetahui strategi yang cocok dan juga tenaga pengajar untuj menyesuikan pembelajaran kosa kata sesuai perkembangan zaman. Penelitian ini juga diharapkan sebagai referensi bagi mahasiswa Sastra Inggris. Peneliti menyarankan penelitian selanjutnya untuk mengkomparasi usia muda dan tua dalam memilih strategi

English Abstract

Vocabulary is a basic element of a language. To obtain vocabulary, there are several strategies used by English learners, one which can be adjusted is using video games. In this research, the writer is interested in analyzing the strategies used by English Literature students of Universitas Brawijaya batch 2017-2020 in acquiring vocabulary through video games. The problem to be expressed in this study focuses on two questions: (1) What is the most used strategies by English Literature student of Universitas Brawijaya? (2) What are the advantages of using video games in acquiring English vocabulary. This study uses qualitative approach that focuses on in-depth interviews with each participant. The participants consisted of 6 students of English Literature students Universitas Brawijaya batch 2017-2020. This study is based on the Schmitt (1997) which contains a taxonomy of vocabulary learning strategies in a language. The result of this study indicates that the most used strategy by the participants is the cognitive strategies, followed by consolidation strategies, and the memory strategies as the least strategies. From these results, it is also stated that video games are a fun means of acquiring vocabulary because they have visualization, feedback in-game, and can spur motivation. This research is expected to be useful for second language learners to find suitable strategies and also the lecturers to adjust vocabulary learning in according to the times. This research is also expected to be a reference for English Literature students. The writer suggests further research to compare young and adult in choosing vocabulary strategies.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521120011
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Video Games, Pemerolehan Kosa Kata, Bahasa Inggris sebagai Bahasa Kedua, Strategi Pembelajaran
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: yulia Chasanah
Date Deposited: 10 Jan 2022 02:42
Last Modified: 10 Jan 2022 02:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/188016
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO]
Preview
Text (DALAM MASA EMBARGO)
- Fadhil Malik.pdf

Download (727kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item