Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Lazizaa Dinoyo Malang

Simanjuntak, Silvia Junita and Dr. Ir. Umi Wisaptiningsih,, MS. (2021) Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Lazizaa Dinoyo Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bauran pemasaran adalah suatu perangkat yang terdiri dari produk, harga, promosi dan distribusi atau tempat, yang didalamnya menentukan tingkat keberhasilan pemasaran dan semua ditujukan untuk mendapatkan respon yang diinginkan dari target pasar. Suatu perusahaan diharapkan fokus terhadap rasa produk enak, harga terjangkau oleh kalangan masyarakat, promosi menarik sehingga memikat hati konsumen agar mau membeli dan distribusi atau tempat yang strategis agar target pemasaran tercapai. Kepuasan konsumen merupakan salah satu indikator keberhasilan dari suatu usaha. Bergerak dibidang Fast Food dengan brand pasar “LAZIZZA” Produk Lazizaa adalah olahan ayam yang diolah secara higienis dan dengan harga terjangkau. Pengembangan konsep yang berbeda dari segi resep, penyajian, kemasan maupun merk dagang. Lazizaa menawarkan kepada Customer dengan makan di tempat (Dine in) ataupun dengan TakeAway. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan konsumen yang terdiri dari produk, harga, tempat dan promo dengan menggunakan PLS SEM diterapkan di Lazizaa. Pelaksaan penelitian dilakukan di Lazizaa pada cabang pusat yang berada di Jl. MT. Haryono, Dinoyo, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65144 pada tanggal 10 sampai 31 Januari 2021. Metode pengambilan sampel menggunakan Accidental Sampling yakni teknik yang menentukan sampel berdasarkan kebetulan sehingga peneliti bisa mengambil sampel siapa saja yang ditemui tanpa perencanaan sebelumnya. Objek penelitian yaitu konsumen Lazizaa dengan total 100 responden dalam 1 lokasi penelitian. Berdasarkan hasil penelitian bahwa hubungan antara produk dengan kepuasan konsumen adalah signifikan dengan nilai T-Statistics sebesar 3,641 dapat dikatakan produk merupakan indikator yang mempengaruhi kepuasan konsumen. Cita rasa produk yang lezat, produk yang dihidangkan cepat, produk mudah didapat, penampilan produk yang menarik pada saat disuguhkan, rasa yang sesuai harapan dan keragaman varian menu membuat konsumen puas atas apa yang didapat dari Lazizaa. Menu favorit pelanggan yaitu paket makmur dan paket semur dengan bumbu yang menjadi ciri khas Lazizaa dan berbagai jenis sambal yang disediakan, selain produk enak harganya yang cukup terjangkau oleh berbagai kalangan masyarat. Harga mulai dari Rp9.500 sudah termasuk lauk dan nasi, konsumen sudah bisa menikmati makanan. Hubungan antara tempat dengan kepuasan konsumen adalah tidak signifikan dengan nilai T-Statistics sebesar 1,332 faktor tempat tidak menjamin konsumen puas walaupun lokasi yang strategis dekat dengan lingkungan kampus. Bertanggung jawab atas keamanan dan kenyaman konsumen, kebersihan dan kerapian tempat, penataan esterior dan interior dan tempat parkir yang luas tidak mempengaruhi kepuasan konsumen. Kesimpulan penelitian adalah karakteristik konsumen yang datang di Lazizaa memiliki pengaruh bauran pemasaran diterapkan dan berhasil mempengaruhi kepuasan konsumen yang meliputi: mengetahui rasa berdasarkan rekomendasi teman, memiliki permintaan yang sesuai dari konsumen (norma subyektif) serta memiliki kepuasan terhadap perilaku konsumen jika melihat dari rasa yang enak pada produk Lazizaa. kepuasan konsumen ditentukan kriteria konsumen terhadap rasa, harga, tempat dan promosi. Berdasarkan penelitian diberikan beberapa saran yaitu penelitian bauran pemasaran dapat dilakukan kembali dengan mempertimbangkan menambah variabel terhadap kepuasan konsumen Diharapkan sebaiknya pihak Laziza pada media promosi jangan hanya berfokus pada media sosial instagram namun juga perlu dilakukan pembaruan pada website Lazizaa agar tampilan menjadi semakin menarik.

English Abstract

The research objective was to determine the effect of the marketing mix on customer satisfaction which consisted of products, prices, places and promotions using PLS SEM. The research was conducted at Lazizaa's central branch which is located on Jl. MT. Haryono, Dinoyo, Kec. Lowokwaru, Malang City, East Java 65144. The sampling method was purposive sampling which was used to select 100 consumers. The data was conducted on January 10 to 31, 2021. Based on the results of the research that the relationship between products and customer satisfaction is significant with a T-Statistics value of 3.641, it can be said that the product is one of the indicators that affects consumer satisfaction. The taste of the product is delicious, the product is served quickly, the product is easy to get, the appearance of the product is attractive when served, the taste is in accordance with expectations and many menu variants make consumers satisfied with what they get from Lazizaa. The customer's favorite menu is the prosperous package and the stew package with pervasive spices, the spices that are the hallmark of Lazizaa and the various types of chili sauce provided, apart from the delicious products, the price is quite affordable for various groups. Prices starting at 9,500 include side dishes and rice, consumers can enjoy the meal. The relationship between place and customer satisfaction is not significant with a T-Statistics value of 1.332, the place factor does not guarantee customer satisfaction even though the strategic location is close to the campus environment. Responsible for the safety and comfort of consumers, cleanliness and tidiness of the premises, interior and interior arrangement and large parking lots do not affect customer satisfaction. The influence of the marketing mix includes good product taste, affordable prices, attractive promotions to attract consumers to buy and distribution or strategic places so that marketing targets are achieved. Consumer satisfaction is determined by consumer criteria for taste, price, place and promotion. Lazizaa consumers based on the research results are dominated by women, aged 21 to 26 years, with the latest high school education are students with a monthly expenditure of less than one million, and have visited more than 3 times a month, choosing Lazizaa as a recommendation from friends and the reason for visiting because of the delicious taste of Lazizaa products.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521050049
Uncontrolled Keywords: Marketing mix and customer satisfaction.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 07 Jan 2022 08:21
Last Modified: 25 Feb 2022 03:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/188004
[thumbnail of DALAM MASAEMBARGO] Text (DALAM MASAEMBARGO)
Silvia Junita Simanjuntak.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item