Pengaruh Islamic Branding, Persepsi Harga, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Minimarket Wakaf Alkhaibar Jalan Tata Surya Kota Malang (Studi Pada Warga Kecamatan Lowokwaru)

Safrina, Dina and Dr. Sri Muljaningsih,, SE., MSP (2021) Pengaruh Islamic Branding, Persepsi Harga, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Minimarket Wakaf Alkhaibar Jalan Tata Surya Kota Malang (Studi Pada Warga Kecamatan Lowokwaru). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Fenomena munculnya merek-merek Islami pada sektor bisnis menandakan adanya pergeseran persepsi konsumen yang mulai beralih pada merek/produk yang memiliki nilai-nilai Islami. Minimarket Wakaf Al-Khaibar di Kota Malang memiliki keunikan yakni terdapat identitas keislaman pada nama, atribut maupun kegiatan operasional minimarket. Minimarket Al-Khaibar merupakan aset wakaf produktif yang dikembangkan dari dana wakaf tunai Kementerian Agama tahun 2006. Dalam kegiatan usahanya, minimarket Al-Khaibar tidak hanya fokus pada profit tetapi juga fokus pada kebermanfaatan di bidang sosial dan syiar agama. Meski tidak fokus pada profit, minimarket wakaf ini harus mampu bersaing dengan minimarket konvensional lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Islamic Branding, Persepsi Harga dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian di Minimarket Al-Khaibar Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data primer. Penelitian dilakukan dengan mengambil responden masyarakat yang berada di Kecamatan Lowokwaru yang merupakan lokasi dari minimarket Al-Khaibar Kota Malang dengan teknik Voluntary Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan kuesioner kepada responden. Total sampel sebanyak 106 responden dianalisis dengan software statistic SPSS versi 25 menggunakan analisis regresi logistik. Hasil penelitian berdasarkan uji statistik dengan software statistik SPSS versi 25 menunjukkan bahwa variabel Islamic branding, persepsi harga dan lokasi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Minimarket Wakaf Al-Khaibar Malang. Variabel Islamic branding secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Minimarket Wakaf Al-Khaibar Malang. Sedangkan variabel persepsi harga dan lokasi secara parsial masing-masing tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Minimarket Wakaf AlKhaibar Malang. Berdasarkan temuan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa semakin kuat Islamic branding yang diimplementasikan oleh Minimarket Wakaf Al-Khaibar, maka dapat mendorong keputusan pembelian untuk meningkat.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521020124
Uncontrolled Keywords: Islamic Branding, Persepsi Harga, Lokasi, Keputusan Pembelian
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 05 Jan 2022 06:52
Last Modified: 23 Feb 2022 07:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/187884
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
DINA SAFRINA_155020500111048.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item