Efektivitas Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau dalam Menangani Laporan dan Aduan Masyarakat.

Manunggal, Tomy Prasetyo and Dr. Drs. Irwan Noor, MA. and Drs. Sukanto, MS. (2021) Efektivitas Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau dalam Menangani Laporan dan Aduan Masyarakat. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penanganan laporan dan aduan masyarakat di Ombudsman RI Kepulauan Riau masih terdapat masalah. Masalahnya yaitu kurangnya jumlah asisten yang hanya 7 orang sedangkan cakupan wilayah kerja Ombudsman RI Kepulauan Riau terdiri dari 2 kota dan 5 kabupaten. Kondisi ini membuat turunnya tingkat penyelesaian laporan dan aduan masyarakat pada triwulan I dan II tahun 2020. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan tingkat eksplanasi deskriptif. Fokus penelitian ini yaitu: (1) efektivitas ORI Kepri dalam menangani laporan dan aduan masyarakat yang menggunakan kriteria Richard M. Steers; dan (2) faktor penghambat efektivitas baik dari internal dan eksternal. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari keterangan dan informasi Kepala Perwakilan ORI Kepri dan para asistennya karena mereka memiliki kompetensi yang sesuai dengan tujuan penelitian ini, sedangkan data sekunder diperoleh dari pengamatan terhadap mekanisme kerja dan dokumen pendukung karena untuk mendukung data primer. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan menggunakan alat bantu berupa alat tulis, buku, kamera ponsel dan aplikasi zoom. Analisis data yang penulis gunakan yaitu analisis data Miles dan Huberman dengan langkah mengumpulkan dan menyeleksi data yang diperlukan, menyusun informasi dari data yang didapatkan, dan melakukan pencocokan untuk menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) kemampuan menyesuaikan diri ORI Kepri dalam menangani laporan dan aduan masyarakat dilakukan dengan adaptasi dan inovasi terhadap perubahan lingkungan internal dan eksternal; (2) produktivitas ORI Kepri mengalami penurunan sejak 2018-2020 karena kurangnya sdm dan eksistensi ORI Kepri yang masih belum diketahui oleh lembaga/instansi di Kepri; (3) kepuasan kerja yang baik ditinjau dari komitmen dan keselarasan para asisten ORI Kepri; (4) pencarian sumber daya manusia, anggaran, dan sarana prasarana yang belum dipenuhi dengan baik; (5) faktor penghambat internal yang berupa keterbatasan jumlah asisten, kurangnya anggaran, dan sarana prasarana yang belum memadai; (6) faktor penghambat eksternal yang berupa kondisi geografis dan cuaca, perbedaan budaya masyarakat, dan hukum atau regulasi yang banyak mengalami perubahan dan perbedaan.

English Abstract

The handling of reports and public complaints at the Ombudsman of the Republic of Indonesia in the Riau Islands still has problems. The problem is the lack of a number of assistants, which is only 7 people, while the work area of the Indonesian Ombudsman in the Riau Islands consists of 2 cities and 5 regencies. This condition led to a decrease in the level of completion of reports and public complaints in the first and second quarters of 2020. This research is a qualitative research with a descriptive explanation level. The focus of this research are: (1) the effectiveness of ORI Kepri in handling public reports and complaints using Richard M. Steers criteria; and (2) internal and external factors inhibiting effectiveness. The types and sources of data used are primary data obtained from the information and information of the Head of the ORI Kepri Representative and his assistants because they have competencies in accordance with the objectives of this study, while secondary data is obtained from observations of work mechanisms and supporting documents because they support primary data. . Data collection techniques were carried out by interviewing, observing, and documenting using tools such as stationery, books, cellphone cameras and zoom applications. The data analysis that the writer uses is Miles and Huberman's data analysis by selecting the required data, compiling information from the data obtained, and making a match to draw conclusions. The results of this study are: (1) the ability to adapt to ORI Kepri in handling public reports and complaints is carried out by adapting and innovating to changes in the internal and external environment; (2) the productivity of ORI Kepri has decreased from 2018-2020 due to a lack of human resources and the existence of ORI Kepri which is still unknown to the institutions / agencies in Riau Islands; (3) good job satisfaction in terms of commitment and alignment of ORI Kepri assistants; (4) search for human resources, budget, and infrastructure that have not been properly fulfilled; (5) internal inhibiting factors in the form of limited number of assistants, lack of budget, and inadequate infrastructure; (6) external inhibiting factors in the form of geographical and weather conditions, cultural differences in society, and laws or regulations that have undergone many changes and differences.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521030053
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Ombudsman RI, Laporan dan Aduan Masyarakat., Effectiveness, Ombudsman RI, Public Reports and Complaints.
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 Jan 2022 06:43
Last Modified: 23 Feb 2022 06:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/187880
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Tomy Prasetyo Manunggal.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item