Pengaruh Aditif Booster Terhadap Konsumsi Pakan, Pertambahan Bobot Badan, Bobot Akhir Dan Konversi Pakan Broiler Di Kandang Tertutup

Faalih, Ubaid Aqil and Dr. Ir. Muharlien,, MP. (2021) Pengaruh Aditif Booster Terhadap Konsumsi Pakan, Pertambahan Bobot Badan, Bobot Akhir Dan Konversi Pakan Broiler Di Kandang Tertutup. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di kandang closed house integrated farming Universitas Kanjuruhan Malang yang berlokasi di Dusun Jemunang, Desa Pandanrejo, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang yang dimulai pada tanggal 15 November – 15 Desember 2020.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mengevaluasi pengaruh aditif booster terhadap konsumsi pakan, pertambahan bobot badan dan konversi pakan broiler di kandang tertutup. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 72 ekor DOC broileryang jenis kelaminnya tidak dibedakan (non-sexing) dengan strain CP 707 dan masa pemeliharaan dari DOC sampai umur panen (30 hari). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah percobaan. Rancangan penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL), menggunakan 3 perlakuan dan 6 ulangan dengan setiap ulangan berisi 4 ekor broiler sehingga jumlah DOC yang diperlukan adalah 72 ekor. Variabel yang diukur adalah vii konsumsi pakan, pertambahan bobot badan, bobot akhir dan konversi pakan. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan aditif booster memberikan perbedaan tidak nyata (P>0,05) terhadap konsumsi pakan broiler. Nilai konsumsi pakan yaitu (2926,42 g/ekor - 3075,3 g/ekor) dengan konsumsi pakan rata rata per hari sebesar 403,28 g/ekor. Perlakuan memberikan perbedaan tidak nyata (P>0,05) terhadap pertambahan bobot badan broiler. Nilai pertambahan bobot badan (1909,21 g/ekor - 1970,83 g/ekor) dengan pertambahan bobot badan rata rata per hari sebesar 128,75 g/ekor. Hasil analisis menunjukkan perlakuan tidak memberikan perbedaan nyata (P>0,05) terhadap bobot akhir broiler. Nilai bobot akhir (1946,37 g/ekor- 2012,91 g/ekor) dengan rata rata bobot akhir selama pemeliharaan 30 hari sebesar 1974,25 g/ekor. Sedangkan ditinjau dari konversi pakan menunjukkan hasil tidak berbeda nyata (P>0,05). Nilai konversi pakan menunjukkan hasil, yaitu (1,49 - 1,57). Nilai tersebut menunjukkan hasil yang bagus pada konversi pakan. Kesimpulan dari penelitian adalah Pemberian aditif booster selama 10 hari dalam pakan boiler tidak mempengaruhi konsumsi pakan, pertambahan bobot badan, bobot akhir dan konversi pakan broiler di kandang tertutup. Berdasarkan penelitian ini disarankan perlu penelitian lanjutan untuk mengetahui waktu yang paling efektif untuk penggunaan aditif booster kedalam pakan broiler di kandang tertutup.

English Abstract

This study was to determine and evaluate the effect of booster feed additives on feed consumption, body weight gain and feed conversion of broilers in closed cages. The material used was 72 DOC broilers (non-sexing) with strain CP 707 and the maintenance period from DOC to harvest age (30 days). The method used in this research is an experimental design using a completely randomized design (CRD), using 3 treatments and 6 replications with each replication containing 4 tails. The variables measured were feed consumption, body weight gain, final weight and feed conversion. The results showed that there was no significant difference (P>0.05) in feed consumption, body weight gain, final weight and feed conversion of broilers. it can be concluded that the use of feed additive booster additives for 5 and 10 days into broiler feed gave the same results to feed consumption, body weight gain, final weight and conversion of broiler feed in closed cages.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521050027
Uncontrolled Keywords: feed additive booster, feed consumption, body weight, feed conversion
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 05 Jan 2022 05:01
Last Modified: 24 Feb 2022 16:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/187868
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ubaid Aqil Faalih.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item