Analisis Faktor-Faktor Pengadopsian E-Commerce Oleh Umkm Serta Pengaruhnya Terhadap Pendapatan Usaha

Effendi, Arline Prameswari and Prof. Dr. Bambang Subroto,, SE., Ak., MM. (2021) Analisis Faktor-Faktor Pengadopsian E-Commerce Oleh Umkm Serta Pengaruhnya Terhadap Pendapatan Usaha. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kesiapan organisasional, dorongan eksternal, dan manfaat yang dirasakan terhadap pengadopsian e-commerce oleh UMKM, serta menguji pengaruh pengadopsian e-commerce terhadap pendapatan usaha. Objek penelitian ini adalah pemilik atau manajer UMKM di Kota Malang. Data dikumpulkan menggunakan metode survei dengan teknik convenience sampling. Regresi logistik biner dan regresi ordinal digunakan untuk menganalisis hubungan antarvariabel dengan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dorongan eksternal dan manfaat yang dirasakan memengaruhi pengadopsian e-commerce oleh UMKM, sedangkan kesiapan organisasional tidak berpengaruh terhadap pengadopsian e-commerce oleh UMKM. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa pengadopsian e-commerce oleh UMKM tidak dapat meningkatkan pendapatan usaha. Hasil penelitian ini memberikan saran kepada pelaku UMKM untuk mengadopsi e-commerce sebagai media untuk mengembangkan bisnis. Peran pemerintah juga dibutuhkan untuk menyediakan sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan yang dapat mendorong penggunaan ecommerce di seluruh Indonesia. Selain menggunakan e-commerce, dibutuhkan pengadopsian inovasi lainnya yang dapat menunjang bisnis selama masa pandemi dan dapat meningkatkan pendapatan usaha

English Abstract

This research aims to examine the effect of organizational readiness, external pressure, and perceived benefits on MSMEs’ e-commerce adoption, and to examine the effect of MSMEs’ e-commerce adoption on the operating revenue. The samples incorporate MSME owners and managers in Malang city, and the data are collected by survey method utilising convenience sampling technique. The relationship between variables are analysed by binary regression logistic and ordinal regression utilising SPSS software. The results of this study reveal that external pressure and perceived benefits affect MSMEs’ e-commerce adoption while organizational readiness does not affect MSMEs’ e-commerce adoption. In addition, e-commerce adoption does not improve MSME’s operating revenue. The results also recommend that MSME owners adopt e-commerce to expand their business. The government involvement is essential for providing socialization, training, and assistance to encourage the utilisation of e-commerce throughout Indonesia. Other innovations are equally required for business sustainability during the pandemic and the operating revenue improvements

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521020111
Uncontrolled Keywords: Kesiapan Organisasional, Dorongan Eksternal, Manfaat yang Dirasakan, Pendapatan Usaha, Pengadopsian E-Commerce, Organizational Readiness, External Pressure, Perceived Benefits, Operating Revenue, E-Commerce Adoption
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 05 Jan 2022 03:07
Last Modified: 24 Feb 2022 15:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/187844
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Arline Prameswari Effendi 175020301111049.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item