Moral Wajib Pajak dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dengan Kualitas Layanan Sebagai Variabel Moderasi.

Rahmah, Ridhan and Prof.Dr.Sutrisno T.,, SE.,AK.,M.Si and Dr.Drs.Zaki Bandwan,, Ak.,M.Si. (2021) Moral Wajib Pajak dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dengan Kualitas Layanan Sebagai Variabel Moderasi. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh moral wajib pajak dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak dengan kualitas layanan sebagai variabel moderasi. Populasi penelitian ialah wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama Makassar Utara. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menyebarkan kuesioner secara langsung dan melalui google form kepada wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Makassar Utara. Metode non probability yang berupa convenience sampling digunakan untuk menarik sampel pada penelitian ini. Sampel yang dapat diolah sebanyak 280 dari 339 wajib pajak orang pribadi. Analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS) melalui perangkat lunak SmartPLS 2.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa moral wajib pajak berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak. Sanksi perpajakan berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak. Selain itu, kualitas layanan tidak memoderasi pengaruh moral wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak. Kualitas layanan memperlemah pengaruh sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak.

English Abstract

The purpose of this study is to assess the effect of taxpayers morale and tax sanctions on taxpayers compliance with service quality as the moderator. The population is individual taxpayers in the Small Taxpayers Office of North Makassar, to which convenience sampling technique of non-probability sampling method was applied, resulting in 339 respondents. The data was harvested through questionnaires distributed both directly and online using Google Forms. A number of 280 processable data was analyzed using Partial Least Squares in SmartPLS 2.0. This research finds that taxpayers morale positively affects taxpayers compliance and that tax sanctions positively influence taxpayers compliance. Furthermore, service quality does no moderate the effect of taxpayers morale on taxpayers compliance, but it weakens the influence of tax sanctions on taxpayers compliance.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 042102
Uncontrolled Keywords: Kepatuhan Wajib Pajak, Moral Wajib Pajak, Sanksi Perpajakan, Kualitas Layanan,taxpayers compliance, taxpayers morale, tax sanctions, service quality
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 05 Jan 2022 02:51
Last Modified: 24 Feb 2022 01:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/187840
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ridhan Rahmah.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item