Sholikah, Nikmatus and Maulina Pia Wulandari, S.Sos., M.Kom., Ph.D, S.Sos., M.Kom., Ph.D and Anang Sujoko,, S.Sos., M.Si., D.COMM (2021) Dinamika Posisi Public Relations Perusahaan Media PT.Lativi Media Karya (tvOne) Dalam Strategi Mengatasi Informasi Hoaks yang Merugikan Perusahaan. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Hoaks atau informasi bohong saat ini semakin mudah ditemukan diberbagai media sosial dan media informasi publik. Hoaks memiliki ‘masa hidup’ dalam kognitif lebih pendek daripada konstruksi sosial media massa, namun bahayanya hoaks memiliki daya rusak sporadis yang sangat kuat dan luas di masyarakat. Saat ini informasi hoaks juga bisa merugikan semua jenis perusahaan termasuk perusahaan media massa atau pers. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, strategi apa yang digunakan Public Relation (PR) perusahaan media massa PT Lativi Media Karya atau tvOne untuk mengatasi informasi hoaks yang merugikan perusahaan, bagaimana dinamika posisi PR, menuju sikap advokasi atau akomodasi dan faktorfaktor kontingen apa saja yang tampak mempengaruhi sikap PR tvOne untuk menyelesaikan permasalahan hoaks tersebut. Objek penelitian menggunakan tiga kasus informasi hoaks yang cukup viral di tahun 2016, 2018 dan 2020 yang merugikan tvOne. Teori yang digunakan untuk mendiskripsikan data adalah teori Contigency of Accomodation dan strategi PR. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, pengumpulan data dengan dua metode yaitu wawancara semiterstruktur yang dilaksanakan beberapa tahap selama Oktober 2020 - Mei 2021 dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan komparatif konstan yang diperkenalkan oleh Classer& Strauss, Lincoln & Cuba. Hasilnya PR tvOne cenderung menggunakan strategi reaktif, dan tindakan strategi PR mengarah ke posisi advokasi dalam mengatasi informasi hoaks. Faktor-faktor kontigen dalam variabel predisposing dan situasional yang masing-masing memiliki enam variabel kontigen, semua kontigen tampak mempengaruhi sikap PR tvOne. Tidak adanya pemahaman bersama tentang isu dan krisis dalam menyikapi masalah informasi hoaks yang berkaitan dengan kompetensi PR, membuat peneliti berargumen, teori CA tidak bisa berhasil secara maksimal oleh PR tvOne dan jajarannya. Meskipun kompetensi PR belum maksimal dalam aplikasi teori CA, reputasi tvOne yang baik ternyata bisa mendukung PR tvOne mengatasi informasi hoaks. Hal ini terjadi karena dengan reputasi bagus, mereka miliki power dan akses atau relasi yang luas untuk mendukung proses penyelesaian informasi hoaks. Peneliti menemukan dua kontigen baru yang dipertimbangkan bagi perusahaan media tvOne ialah ‘citra’ dan ‘kredibilitas’.
English Abstract
Hoax or false information is now easier to find in various social media and public information media. Hoax has a shorter cognitive 'life-span' than mass media social construction, but the danger is that hoaxes have a very strong and widespread destructive power in society. Currently, hoax information can also harm all types of companies, including mass media companies or the press. The purpose of this research is to find out what strategy Public Relations (PR) of mass media company PT Lativi Media Karya or tvOne uses to deal with hoax information that harms the company, how the dynamics of the PR position, towards an attitude of advocacy or accommodation and what contingent factors are. only seems to affect the attitude of PR tvOne to resolve the hoax problem. The object of the study used three cases of hoax information that were quite viral in 2016, 2018 and 2020 which were detrimental to tvOne. The theory used to describe the data is the theory of Contingency of Accommodation and PR strategy. The research methodology used is a qualitative approach, collecting data with two methods, namely semi-structured interviews conducted in several stages during October 2020 - May 2021 and documentation. Data analysis technique using constant comparability introduced by Classer & Strauss, Lincoln & Cuba. As a result, tvOne PR tends to use a reactive strategy, and the PR strategy action leads to an advocacy position in overcoming hoax information. The contingent factors in the predisposing and situational variables each have six contingent variables, all contingents seem to affect tvOne's PR attitude. The absence of a common understanding of issues and crises in addressing the issue of hoax information related to public relations competence, led researchers to argue that the CA theory could not be maximally successful by tvOne PR and its staff. Although the competence of public relations is not maximized in the application of CA theory, tvOne's good reputation can actually support tvOne's PR in overcoming hoax information. This happens because with a good reputation, they have the power and access or extensive relations to support the process of resolving hoax information. Researchers found two new contingents considered for the tvOne media company, 'image' and 'credibility'.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | 042111 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi PR, Contigency of Accomodation Theory, Mass Media, Hoaks,PR Strategy, Contingency of Accomodation Theory, Mass Media, Hoaks |
Subjects: | 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | S2/S3 > Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 05 Jan 2022 02:15 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 07:35 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/187827 |
![]() |
Text
Nikmatus Sholikhah.pdf Download (5MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |