Pengaruh Stres Akademik Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya Di Masa Pandemi Covid 19

Saputra, Yoga (2021) Pengaruh Stres Akademik Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya Di Masa Pandemi Covid 19. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh stres akademik dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Jurusan Manajemen FEB UB. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS versi 21 yang menjelaskan hubungan dan pengaruh antar satu variabel dengan variabel lainnya melalui pengajuan hipotesis. Penelitian ini menggunakan populasi sebanyak 106 responden yang diperoleh dari mahasiswa Jurusan Manajemen FEB UB, dengan penyebaran kuesioner secara online. Hasil pengujian terhadap ketiga hipotesis dapat disimpulkan bahwa stres akademik dan motivasi belajar memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa Jurusan Manajemen FEB UB. Selain itu stres akademik dan prestasi belajar berpengaruh positif yang signifikan. Hasil uji Koefisien Determinasi menunjukan bahwa nilai variabel Stres Akademik dan Motivasi Belajar secara simultan berpengaruh terhadap variabel prestasi belajar sebesar 61,2% sedangkan sisanya sebesar 38,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas pada penelitian ini

English Abstract

This study aims to determine the effect of academic stress and learning motivation on student achievement Majoring in Management FEB UB. This type of research is descriptive research and multiple linear regression analysis using SPSS version 21 which explains the relationship and influence between one variable and another by submitting a hypothesis. This study uses a population of 106 respondents obtained from students Majoring in Management FEB UB, by distributing questionnaires online. The results of testing the three hypotheses can be concluded that academic stress and learning motivation have a significant influence on student achievement in the management department of FEB UB. In addition, academic stress and learning achievement have a significant positive effect. The results of the Coefficient of Determination test showed that thevalue Academic Stress and Learning Motivation variables simultaneously affected the learning achievement variable by 61.2% while the remaining 38.8% was influenced by other variables not discussed in this study.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521020097
Uncontrolled Keywords: Stres akademik, Motivasi belajar, dan Prestasi belajar, Academic stress, learning motivation, and learning achievement
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 04 Jan 2022 04:40
Last Modified: 23 Feb 2022 08:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/187786
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
YOGA SAPUTRA_175020201111035.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item