Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Likuiditas, Pertumbuhan Penjualan Terhadap Nilai Perusahaan Dimediasi Struktur Modal (Studi Pada Perusahaan Food and Beverage Yang Terdaftar di BEI)

Afinindy, Inne and Prof. Dr. Ubud Salim,, SE., MA and Dr. Dra. Kusuma Ratnawati.,, MM., CFP (2021) Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Likuiditas, Pertumbuhan Penjualan Terhadap Nilai Perusahaan Dimediasi Struktur Modal (Studi Pada Perusahaan Food and Beverage Yang Terdaftar di BEI). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh antara profitabilitas, ukuran perusahaan, likuiditas, dan pertumbuhan penjualan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2013-2018, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui struktur modal. Penelitian ini digunakan dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Terdapat 14 perusahaan food and beverage yang memenuhi kategori sampel. Selanjutnya, Partial Least Square (PLS) digunakan untuk analisis dan pengujian hipotesis, kemudian dilakukan juga beberapa tes untuk variabel struktur modal sebagai variable mediasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua variable penelitian berpengaruh signifikan secara langsung maupun secara tidak langsung. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan sektor food and beverage di Indonesia perlu memperhatikan profitabilitas, ukuran perusahaan, likuiditas, pertumbuhan penjualan, dan struktur modalnya karena investor sangat memperhatikan pentingnya kelima hal tersebut dalam menilai baik buruknya kinerja perusahaan food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

English Abstract

This study aims to examine the effect of profitability, liquidity, and sales growth on firm value in food and beverage companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) for the 2013-2018 period, either directly or indirectly through the capital structure. This research is used with a quantitative approach. Sampling using purposive sampling method. There are 14 food and beverage companies that meet the sample category. Furthermore, Partial Least Square (PLS) was used for analysis and hypothesis testing, then several tests were also carried out for the capital structure variable as a mediating variable. The results showed that all variables had a significant effect directly or indirectly. This shows that companies in the food and beverage sector in Indonesia need to pay attention to profitability, company size, liquidity, sales growth, and capital structure because investors are very concerned about the importance of these five things in assessing the poor performance of food and beverage companies listed on the Indonesia Stock Exchange.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 042103
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Likuiditas, Pertumbuhan Penjualan, Struktur Modal, Nilai Perusahaan,Profitability, Company Size, Liquidity, Sales Growth, Capital Structure, Company Value
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen Pendidikan Tinggi, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 04 Jan 2022 04:38
Last Modified: 10 Oct 2024 01:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/187785
[thumbnail of Inne Afinindy.pdf] Text
Inne Afinindy.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item