Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Swamedikasi Obat Gastritis di Apotek Kota Malang.

Destria, Ira Peggy Gusma and apt. Ayuk L.H, S.Farm., M.Farm. and apt. Drs. Bambang Sidharta, M.S. (2021) Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Swamedikasi Obat Gastritis di Apotek Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Gastritis adalah gangguan yang banyak dialami oleh masyarakat yang dapat didiagnosa berdasarkan gejala klinis, yaitu rasa nyeri pada ulu hati,mual,lemas. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa gastritis salah satu penyakit yang terbanyak diatasi dengan swamedikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien swamedikasi obat gastritis di Kota Malang. Penelitian ini telah mendapatkan persetujuan laik etik dengan nomor 171/EC/KEPK-S1-FARM/06/2021. Penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan metode cross sectional. Responden penelitian adalah laki-laki dan perempuan yang datang ke apotek untuk mendapatkan obat gastritis sebanyak 100 orang dengan kriteria inklusi dan eksklusi yang telah ditentukan. Pengambilan data penelitian dilakukan melalui kuisioner kualitas pelayanan dan kuisioner kepuasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan swamedikasi apotek di Kota Malang tergolong dalam kategori baik (51%), cukup (40%) dan kurang (9%), dan pada kepuasaan pasien swamedikasi obat gastritis terbanyak pada kategori puas (40%), cukup puas (27%) dan kurang puas (33%). Hasil penelitian yang dianalisis menggunakan uji somers‟d menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (p<0,05) yang berarti ada hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien dalam swamedikasi obat gastritis. Kesimpulan dari penelitian adalah terdapat hubungan positif yang signifikan dengan tingkat korelasi 0,497 dan tingkat kekuatan hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien swamedikasi obat gastritis termasuk tingkat korelasi sedang. Apoteker dapat memperbaiki kualitas pelayanan swamedikasi untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada apoteker sehingga terapi obat menjadi lebih optimal.

English Abstract

Gastritis is a health disorder experienced by many people that can be diagnosed based on clinical symptoms including heartburn, nausea, and weakness. Various studies have shown that gastritis is one of the most common ailments treated with self-medication. This study aims to determine the relationship between service quality and patient satisfaction with self-medication for gastritis treatment in Malang City. This research has received ethical approval number 171/EC/KEPK-S1-FARM/06/2021. This research is an analytic observational study with cross sectional method. Research respondents were men and women who came to the pharmacy to get gastritis medicine as many as 100 people with predetermined inclusion and exclusion criteria. Research data were collected through service quality and satisfaction questionnaires. The results showed that the quality of self-medication services at pharmacies in Malang City was in the good category (51%), sufficient (40%) and less (9%), and the satisfaction of self-medication patients with gastritis drugs was in the good category. satisfied category (40%), quite satisfied. (27%) and less satisfied (33%). The results of the study which were analyzed using the Somers'd test showed a significance value of 0.000 (p<0.05), which means that there is a significant relationship between service quality and patient satisfaction in self-medication of gastritis treatment. The conclusion of the study showed that there is a significant positive relationship with a correlation level of 0.497 and the level of strength of the relationship between service quality and satisfaction with self-medication gastritis patients, including a moderate correlation level. Pharmacists can improve the quality of self-medication services to increase public trust in pharmacists so that drug therapy becomes more optimal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521060184
Uncontrolled Keywords: gastritis, kualitas pelayanan, kepuasan, gastritis, service quality, satisfaction
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 615 Pharmacology and therapeutics > 615.1 Drugs (materia medica)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Farmasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 22 Dec 2021 04:21
Last Modified: 10 Oct 2024 07:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/187589
[thumbnail of Ira Peggy Gusma Destria.pdf] Text
Ira Peggy Gusma Destria.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item