Literature Review: Perbedaan Efektivitas Penyuluhan Kesehatan Metode Demonstrasi, Bermain dan Roleplay dalam Meningkatkan Perubahan Perilaku Mencuci Tangan Pada Anak Usia Prasekolah

Sholikhah, Intan Imro’atus and dr. Astri Proborini, Sp.A., M.Biomed and Yuseva Sariati, SE., S.ST.,M.Keb. (2021) Literature Review: Perbedaan Efektivitas Penyuluhan Kesehatan Metode Demonstrasi, Bermain dan Roleplay dalam Meningkatkan Perubahan Perilaku Mencuci Tangan Pada Anak Usia Prasekolah. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar Belakang: Anak prasekolah adalah anak yang berusia mulai 3-6 tahun. Pada masa ini anak memiliki rasa ingin tahu terhadap lingkungan yang tinggi sehingga anak prasekolah rentan terserang penyakit yang berkaitan dengan hygiene seperti diare, kecacingan, ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut), demam tifoid, bahkan penularan COVID-19 yang kini menjadi pandemi. Penyuluhan kesehatan cuci tangan dengan metode yang tepat dan menarik diperlukan sebagai langkah penting dalam pencegahan penyakit pada anak. Metode: Desain penelitian menggunakan kajian literatur karena kondisi pandemi COVID-19. Sumber data menggunakan data sekunder dari hasil penelitian melalui 10 jurnal nasional dan internasional dengan maksimal publikasi 10 tahun terakhir (2010-2020) yang membahas tentang pengaruh penyuluhan kesehatan cuci tangan terhadap praktik cuci tangan anak prasekolah. Proses analisis kualitas data dilakukan dengan metode quality assessment (QA) dan PICOT. Subjek data difokuskan pada anak yang diberikan penyuluhan kesehatan. Hasil: Berdasarkan artikel yang dikumpulkan didapatkan hasil bahwa penyuluhan kesehatan cuci tangan pada anak dapat dilakukan dengan berbagai metode yang menarik seperti demonstrasi, bermain dan roleplay guna mencapai tujuan penyuluhan. Hasil analisis didapatkan terdapat perubahan perilaku cuci tangan anak secara signifikan setelah diberikan intervensi melalui metode – metode tersebut. Kesimpulan: Penyuluhan kesehatan cuci tangan menggunakan metode demonstrasi, bermain dan roleplay terbukti efektif dalam meningkatkan perilaku cuci tangan anak prasekolah secara signifikan. Perbedaan terletak pada proses, metode, jumlah responden dan waktu intervensi yang digunakan dalam memaparkan materi penyuluhan kesehatan cuci tangan pada anak.

English Abstract

Background: Preschoolers were children aged 3-6 years. At this time child had a high curiosity about the environment so that preschoolers were susceptible to diseases related to hygiene such as diarrhea, worms, acute respiratory infection, typhoid fever and even the transmission of COVID-19. Providing hand wash promotion to preschoolers was more interested if it was delivered in an interesting method and it was an important step to prevent disease outbreaks in children. Methods: The researched design used a literature review due to the pandemic COVID-19. The data source used secondary data from researched results through 10 national and international journals with a maximum publication of the last 10 years (2010-2020) was discussed the effect of hand washing promotion on hand washing practices for preschool children. The data quality analysis process was carried out used the quality assessment (QA) and PICOT methods. Data subjects focused on children who was given hand washing promotion. Results: Based on the articles collected, it was found that handed washing promotion for children could've been carried out with various interesting methods such as demonstrations, play and role play in ordered to achieve the objectives of the handed washing promotion. The results of the analysis showed that there was a significant changed in children's hand washing behavior after given intervention through these methods. Conclusion: Hand washing promotion used demonstration, play and role play had been proven effective in significantly increasing preschool children's hand washing behavior. The difference lied in the process, method, number of respondents and the time of intervention used in explaining the material for hand washing promotion to children.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521060182
Uncontrolled Keywords: Penyuluhan Cuci Tangan, Anak Prasekolah, Perilaku, Hand Washing Promotion, Preschool, Behavior
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 618 Gynecology, obstetrics, pediatrics, geriatrics > 618.2 Obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 22 Dec 2021 04:02
Last Modified: 12 Dec 2023 01:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/187586
[thumbnail of Intan Imro’atus Sholikhah.pdf]
Preview
Text
Intan Imro’atus Sholikhah.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item