Pengaruh Sekolah di Rumah di Masa Pandemi COVID-19 Terhadap Masalah Emosi Pada Anak

Ramadhani, Adityas and dr. Ariani, M.Kes, Sp. A (K) and Dra. Asmika, SKM. M,Kes (2021) Pengaruh Sekolah di Rumah di Masa Pandemi COVID-19 Terhadap Masalah Emosi Pada Anak. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sekolah di rumah merupakan salah satu peraturan yang dibuat oleh pemerintah sebagai dampak dari Pandemi COVID-19, tujuan dari peraturan ini adalah untuk menekan angka kejadian kasus COVID-19. Akan tetapi sekolah di rumah memiliki beberapa dampak negatif, salah satunya berdampak pada masalah emosional anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sekolah di rumah selama pandemi terhadap masalah emosional pada anak berdasarkan tingkat usia, tingkat pendidikan, dan tingkat pengetahuan anak. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner yang telah diuji validitas dan reabilitasnya dengan target 20 responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah cross sectional, dimaksudkan untuk mengetahui hubungan antara sekolah di rumah selama pandemi dengan masalah emosi pada anak. Hasil peneltian ini didapatkan total 102 sampel. Sampel dipilih dengan metode simple random sampling dan dibagi menjadi 2 variabel, pertama adalah variabel bebas yang terdiri dari tingkat usia anak, tingkat pendidikan, dan tingkat pengetahuan. Kedua adalah variabel terikat yang terdiri dari masalah emosional pada anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara tingkat usia, tingkat pendidikan, dan tingkat pengetahuan anak dengan masalah emosional pada anak (p > 0,05). Anak usia 13-18 tahun lebih banyak mengalami masalah emosional dibandingkan anak usia 6-12 tahun. Anak-anak di SMP/Mts/ Sederajat ditemukan memiliki masalah emosi yang parah dibandingkan dengan tingkat pendidikan lainnya, sedangkan anak-anak di perguruan tinggi mengalami masalah emosi ringan, dan anak-anak di SD/MI/Sederajat tidak mengalami masalah emosional. Anak dengan tingkat pengetahuannya dalam kategori mengerti mengenai pengetahuan dasar tentang COVID-19 lebih banyak mengalami masalah emosi yang parah maupun ringan dibandingkan pada anak dengan kategori tidak mengerti mengenai pengetahuan dasar tentang COVID-19.

English Abstract

Schooling at home is one of the regulation that made by goverment as a result of COVID-19 Pandemic, the purpose of this regulation is to supress the incidence rate of COVID-19 case. Unfortunately, schooling at home have several negative impact, one of them is affect the child emotional problems. This research is aimed to detemine the effect of schooling at home during the pandemic on emotional problems in children based on children level of age, level of education, and level of knowledge. The study design that used in this study is descriptive statistics. Instrument that used in this research is questionnaire has been tested for validity and reability with the target is 20 respondents. The method that used in this study is cross sectional, that is meant to find relation between schooling at home during the pandemic with emotion problems in children. The sample selected by simple random sampling method and divided into 2 variabel, first is independent variabel consist of children level of age, level of education, and level of knowledge. Second is dependent variabel consist of emotional problems in children. Result of this research showed that there is no relationship between the children level of age, level of educational, and level of knowledge with the emotional problems in children (p > 0,05). Children aged 13-18 years experience more emotional problems than children aged 6-12 years. Children at the junior high school was found have severe emotional problems that compared to other education levels, meanwhile the children at the college have experienced the mild emotions problems, and the children at elementary have not experienced emotional problems. Children whose level of knowledge is understanding about basic kowledge of COVID-19, experience more severe or mild emotional problems than children in the category not understanding basic knowledge about COVID-19.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521060159
Uncontrolled Keywords: Sekolah di Rumah, Masalah Emosional Anak, Tingkat Usia Anak, Tingkat Pendidikan Anak, Tingkat Pengetahuan Anak. Schooling at Home, Emotional Problem in Children, Children Level of Age, Children Level of Education, Children Level of Knowledge.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 21 Dec 2021 06:00
Last Modified: 24 Feb 2022 02:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/187549
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Adityas Ramadhani.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item