Hubungan Tingkat Kecemasan dengan Kualitas Hidup pada Anak Usia Sekolah Selama Masa Pandemi COVID-19 di SDN Sumberejo 02 Batu

Ningtyas, Sisvi Risna and Dr. Ns. Retno Lestari, S.Kep., M Nurs. and Ns. Ike Nesdia Rahmawati, S.Kep., M.Kep. (2021) Hubungan Tingkat Kecemasan dengan Kualitas Hidup pada Anak Usia Sekolah Selama Masa Pandemi COVID-19 di SDN Sumberejo 02 Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kecemasan pada anak usia sekolah merupakan salah satu hal yang perlu dikaji sebagai dampak tidak langsung dari pandemi COVID-19. Kecemasan sendiri dapat mempengaruhi berbagai faktor, salah satu yang perlu disoroti adalah kualitas hidup. Dampak masalah kecemasan dan penurunan kualitas hidup pada anak usia sekolah dapat mengganggu proses perkembangan anak hingga dewasa nanti. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan tingkat kecemasan dengan kualitas hidup pada anak usia sekolah selama masa pandemi COVID-19 di SDN Sumberejo 02 Batu. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross-sectional dengan responden sebanyak 125 anak usia sekolah yang berusia 6-12 tahun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara tingkat kecemasan dengan kualitas hidup pada anak usia sekolah (p-value=0,001, α=0,05). Hasil uji statistik rank spearman menunjukkan hubungan yang berlawanan arah yang artinya semakin rendah tingkat kecemasan, maka semakin baik kualitas hidup pada anak, sedangkan untuk kekuatan hubungan termasuk hubungan yang lemah (r=-0,29). Disimpulkan dari hasil penelitian ini yaitu mayoritas anak tidak mengalami kecemasan dan kualitas hidup anak sangat baik. Disarankan pada orang tua untuk selalu mendeteksi rutin terkait masalah tumbuh kembang anak dan saran untuk perawat yaitu perlu dipahami pentingnya mencegah masalah selama pandemi ini sehingga tidak mengalami gangguan di kemudian hari.

English Abstract

Anxiety in school-age children needs to be investigated as an indirect impact of the COVID-19 pandemic. Anxiety can affects many various factors, quality of life needs to be highlighted among them. Impact of anxiety and reduced quality of life in school-age children will affect child development until adulthood. The aim of this study was to determine the relationship between anxiety and quality of life in school-age children during the COVID-19 pandemic at Elementary School Sumberejo 02 Batu. This study used a cross-sectional design by distributing questionnaires in 125 students from 6-12 years old. From this study, it was found that there was a relationship between anxiety and quality of life (p-value=0,001, α=0,05). The result of the statistical analysis rank spearman test showed a negative direction of association, it can be concluded that the lower level of anxiety will affect quality of life in a better way, while the strength of the relationship was weak (r=-0,29). The conclusion of this study is found that the majority of children don’t experience anxiety and their quality of life is very good. It is recommended for parents to pay more attention and always screen about child development. Suggestion for nurses is need to be understood the importance of preventing problems during this pandemic so the children’s development will not be affected in the future.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052106
Uncontrolled Keywords: Tingkat Kecemasan, Kualitas Hidup, Anak Usia Sekolah, Anxiety, Quality of Life, School-Age Children
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 20 Dec 2021 01:18
Last Modified: 16 Mar 2022 07:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/187480
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
SISVI RISNA NINGTYAS.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item