Peran Kuliner Dalam Meningkatkn Citra Destinasi Pariwisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Akbar, Auzan Tawadlu and Edriana Pangestuti,, SE., M.Si, DBA (2017) Peran Kuliner Dalam Meningkatkn Citra Destinasi Pariwisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kuliner merupakan rangkaian produk pariwisata yang terkait satu sama lain. Pada tahun 2014 persentase pengeluaran wisatawan cukup banyak pada kuliner, berada di posisi kedua setelah angkutan. Kemenpar memiliki program percepatan pembangunan kuliner untuk mendatangkan wisatawan ke Indonesia. Destinasi pariwisata yang memiliki kuliner khas dapat memotivasi wisatawan untuk berkunjung. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru adalah salah satu destinasi pariwisata yang memiliki kuliner sebagai komponen pariwisata. Kemenpar telah menetapkan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru sebagai salah satu dari 10 Prioritas Utama Destinasi Nasional. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru perlu memiliki citra yang baik supaya terlihat berbeda di benak wisatawan dengan destinasi pariwisata lainnya. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dapat menggunakan kuliner untuk meningkatkan citranya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif pendekatan kualitatif dengan 3 (tiga) rumusan masalah, yaitu (1) bagaimana persepsi wisatawan terhadap kuliner yang disajikan di destinasi pariwisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru? (2) apa saja faktor pendukung dan penghambat yang terdapat pada kuliner di destinasi pariwisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru? (3) bagaimana peran kuliner dalam meningkatkan citra destinasi pariwisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru? Sumber data diperoleh dengan mewawancarai informan, melakukan observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa (1) persepsi wisatawan terhadap kuliner yang disajikan berbeda. Perbedaan persepsi tersebut disebabkan dari pengalaman wisatawan yang pertama dan kedua berbeda walaupun dengan situasi dan lingkungan yang sama saat menikmati makanan. (2) Faktor pendukung peningkatan citra adalah cita rasa dari makanan, penggunaan bahan baku yang masih segar, pemandangan alam yang indah, dan perizinan untuk membuka usaha. Faktor penghambat tersebut adalah sumber daya manusia yang belum berkualitas, penetapan harga, kesehatan dan kebersihan makanan, proses pengolahan makanan yang lama, dan penyediaan air yang terbatas. (3) Secara umum dari menu yang disediakan dan tempat untuk menyajikan kuliner, bahwa peran kuliner dalam meningkatkan citra destinasi pariwisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru belum berkontribusi maksimal. Berdasarkan uraian, peneliti memberi rekomendasi yaitu kepada pengelola destinasi, penyedia kuliner, biro perjalanan, dan wisatawan

English Abstract

Culinary is a range of tourism products which related each other. In 2014, the percentage of tourist expenditure is adequate a lot in culinary, precisely below the transportation. The Ministry of Tourism has a culinary development acceleration program in incuring tourists to Indonesia. The special culinary of tourism destination is motivating the tourist enthusiasm. Bromo Tengger Semeru National Park is one of tourism destination has a culinary as a tourism component. The Ministry of Tourism has set up Bromo Tengger Semeru National Park as one of 10 Main Priorities of National Destination. Bromo Tengger Semeru National Park requires a good image in order to be different with the others in tourist’s viewpoint. Bromo Tengger Semeru National Park obtains to use the culinary in improving the image itself. This study uses descriptive qualitative method within 3 problems of the study, namely (1) how is the tourists’ perception towards the culinary in Bromo Tengger National Park? (2) what are the supporting and retarding factors in the culinary of Bromo Tengger Semeru National Park? (3) how is the culinary’s role in improving the image of Bromo Tengger Semeru National Park? The source of the data are obtained by interview the informants, observation, and documentation. The analysis of the data uses 4 stages, namely data collection, data reduction, data presentation, and conclusion. The results of the study reveal that: (1) the tourists’ perception towards the culinary is different. The distinction comes up from the first and the second tourist though they were in the same situation and location. (2) The supporting factors in improving the image of the culinary are the taste of food, the fresh ingredients, the beautiful scenery, and the permission to do business, especially in culinary. The retarding factors are low qualified human resource, pricing, less healthy and less hygiene food, long food processing, and limited water supply. (3) Generally, from the provided menu and the place to serve the culinary indicate that the culinary’s role in improving the image of Bromo Tengger Semeru Tourism Destination is not significant yet. Related to the description above, the researcher offers a recommendation to the superintendent of the destination, the culinary providers, travel agents, and tourists

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/813/051709143
Uncontrolled Keywords: Citra, Kuliner, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru,mage, culinary, Bromo Tengger Semeru National Park
Subjects: 900 History, geography and auxiliary disciplines > 910 Geography and travel
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 17 Dec 2021 01:27
Last Modified: 16 Mar 2022 07:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/187442
[thumbnail of AUZAN TAWADLU AKBAR.pdf]
Preview
Text
AUZAN TAWADLU AKBAR.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item