“Kampung Inggris” dan Implikasinya Terhadap Sosial Ekonomi Masyarakat (Studi pada Dusun Singgahan, Desa Pelem dan Desa Tulungrejo, Pare, Kabupaten Kediri)

Mu’arifa, Nur and Prof. Dr. Agus Suman,, SE., DEA. (2020) “Kampung Inggris” dan Implikasinya Terhadap Sosial Ekonomi Masyarakat (Studi pada Dusun Singgahan, Desa Pelem dan Desa Tulungrejo, Pare, Kabupaten Kediri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dinamika perkembangan “Kampung Inggris” dan implikasinya terhadap sosial ekonomi masyarakat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui metode dokumentasi, observasi, dan wawancara mendalam semi terstruktur. Informan dalam penelitian ini ditentukan menggunakan metode snowball sampling dan purposive sampling. Informan kunci diwakili oleh pemilik lembaga kursus bahasa asing, tenaga kerja di lembaga kursus, dan masyarakat pelaku usaha di Dusun Singgahan, Desa Pelem dan Desa Tulungrejo, Pare, Kabupaten Kediri. Hasil penelitian ini menggambarkan dinamika perkembangan “Kampung Inggris” meliputi: 1) proses pertumbuhan lembaga kursus sejenis di “Kampung Inggris” pada tahap awal perkembangannya didorong oleh faktor modal sosial yaitu kepercayaan/trust dan norma berupa nilai „saling berbagi‟ yang dimiliki antara perintis dengan muridnya (antar lembaga kursus); 2) proses transfer pengetahuan dan informasi (knowledge spillover) di wilayah aglomerasi terjadi ketika tenaga kerja di lembaga kursus pendahulu memilih mengundurkan diri dan mendirikan lembaga kursus baru sendiri, serta kedekatan geografis antar lembaga kursus mengakibatkan strategi lembaga kursus mampu dibaca oleh kompetitor; 3) iklim persaingan yang semakin kompetitif memotivasi lembaga kursus untuk meningkatkan kualitas produk melalui inovasi; 4) beberapa lembaga kursus melakukan upaya pemberdayaan manusia di “Kampung Inggris” melalui pemberian beasiswa khusus pemuda lokal dengan sistem zonasi. Implikasi “Kampung Inggris” terhadap sosial ekonomi masyarakat meliputi: 1) aspek ekonomi: peluang usaha baru; kesempatan kerja bagi penduduk lokal dan dari luar desa; pergeseran struktur mata pencaharian; peningkatan harga jual/sewa tanah; 2) aspek sosial: jaringan kerjasama yang terbentuk antara lembaga kursus dengan penyedia layanan (kost, katering, dan laundry); peningkatan kesadaran atas pendidikan dan kewirausahaan; penyelenggara lokal terdesak oleh investor dari luar; kemacetan pada waktu tertentu; dan kriminalitas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FEB/2020/6/052003775
Uncontrolled Keywords: Kampung Inggris, Implikasi Sosial Ekonomi, Ekonomi Aglomerasi
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 13 Dec 2021 03:39
Last Modified: 12 Apr 2023 02:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186951
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nur Mu’arifa.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item