Desain Model Strategi Peningkatan Daya Saing Pada UKM Keripik Apel di Malang Raya.

Novia, Cahyuni and Prof. Dr. Ir. Imam Santoso,, MS and Prof. Dr. Ir. Soemarno,, MS and Dr. Retno Astuti,, STP, MP (2021) Desain Model Strategi Peningkatan Daya Saing Pada UKM Keripik Apel di Malang Raya. Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Usaha kecil dan menengah (UKM) keripik apel mempunyai peran yang semakin penting dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Malang Raya sebagai penyumbang 40,55% dari total produksi apel di Jawa Timur dan 40,49% dari total produksi apel di Indonesia pada Tahun 2018. Wilayah Malang Raya juga merupakan pasar potensial untuk industri olahan apel, karena Malang Raya merupakan salah satu daerah tujuan wisata terbaik. Buah apel memiliki nilai tambah bila diproses menjadi makanan dan minuman olahan. Salah satu produk makanan olahan apel yang dapat dibuat adalah keripik apel. Produsen olahan apel di Malang Raya mayoritas adalah UKM, meskipun kinerja UKM cukup besar, ternyata produksi setiap bulan tidaklah terencana dengan baik. Banyaknya UKM yang bergerak dalam bidang yang sama dan memproduksi produk yang sama, mengharuskan UKM dapat bersaing agar usaha yang dijalankan bertahan lama. Peningkatan kinerja organisasi sangat diperlukan untuk dapat bersaing dengan kompetitor. Tujuan penelitian ini adalah ; 1) mengetahui variabel paling dominan yang mempengaruhi kinerja UKM keripik apel di Malang Raya, 2) mengetahui posisi kluster UKM keripik apel di Malang Raya berdasarkan stage Product Life Cycle (PLC), 3) memprediksi perkembangan kinerja UKM keripik apel di Malang Raya berdasarkan volume penjualan, 4) menganalisis variabel utama yang paling menentukan daya saing di UKM keripik apel di Malang Raya dan 5) mendapatkan desain model strategi peningkatan daya saing UKM keripik apel di Malang Raya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ada lima tahap. Tahap pertama melakukan analisis indikator paling dominan yang mempengaruhi faktor kinerja UKM keripik apel di Malang Raya dengan analisis regresi linier berganda menggunakan software SPSS. Tahap kedua menentukan posisi klaster UKM keripik apel sesuai stage Product Life Cycle berdasarkan indikator jumlah penjualan (kuintal) dan lamanya UKM melakukan produksi (tahun) dengan menggunakan software Ms Excel. Tahap ketiga melakukan prediksi jumlah penjualan selama lima tahun (2019-2023) dengan metode Artifical Neural Network pada salah satu stage PLC yang potensial yaitu stage growth. Tahap keempat melakukan analisis prioritas variabel utama yang paling menentukan peningkatan daya saing UKM keripik apel dengan analisis SWOT, kemudian dilanjutkan dengan metode the house model. Tahap kelima membuat desain model strategi peningkatan daya saing UKM keripik apel di Malang Raya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ; 1) variabel dominan pada peningkatan kinerja UKM keripik apel di Malang Raya adalah variabel inovasi (X3) dengan sumbangan efektif sebesar 39,4% dan sumbangan relatif sebesar 84,88%, 2) 16 UKM keripik apel berada di posisi stage 2 atau tingkat pertumbuhan, 3) peningkatan penjualan keripik apel mengalami kenaikan sebesar 221,2 kuintal (15,6%) dari tahun 2019 sampai tahun 2023, 4) prioritas utama yang paling menentukan daya saing UKM keripik apel pada pilar the house model adalah variabel produk dengan bobot nilai sebesar 0,726, dan 5) desain model strategi peningkatan daya saing UKM keripik apel di Malang Raya adalah The Competitive Apple Model-CISR.

English Abstract

Apple chips small and medium enterprises (SMEs) have an increasingly important role in economic growth in Indonesia. Malang Raya as a contributor to 40.55% of the total apple production in East Java and 40.49% of the total apple production in Indonesia in 2018. The Malang Raya area is also a potential market for the apple processing industry, because Malang Raya is one of the best tourist destinations. Apples have added value when processed into processed food and drinks. One of the processed apple food products that can be made is apple chips. The majority of processed apple producers in Malang Raya are SMEs, although the performance of SMEs is quite large, it turns out that production every month is not well planned. The number of SMEs that are engaged in the same field and produce the same products, requires SMEs to compete so that their businesses can last a long time. Improving organizational performance is very necessary to be able to compete with competitors. The purpose of this research is ; 1) knowing the most dominant variable that affects the performance of the apple chips SMEs in Malang Raya, 2) knowing the position of the apple chips SMEs cluster in Malang Raya based on the Product Life Cycle (PLC) stage, 3) predicting the performance development of apple chips SMEs in Malang Raya based on sales volume, 4) analyze the main variable that most determines the competitiveness in SME chips apple in Malang Raya and 5) get a strategy model for increasing the competitiveness of apple chips SMEs in Malang Raya. The research method used in this study consists of five stages. The first stage analyzing the most dominant indicators that affect the performance factors of apple chips SMEs in Malang Raya with multiple linear regression analysis using SPSS software. The second stage is to determine the position of the apple chips SME cluster according to the Product Life Cycle stage based on the indicators of the number of sales (quintals) and the length of time the SMEs do production (years) using Ms Excel software. The third stage predicting the number of sales for five years (2019-2023) with the Artificial Neural Network method at one of the potential PLC stages, namely the growth stage. The fourth stage performs a priority analysis of the main variables that most determine the improvement of the competitiveness of apple chips SMEs with a SWOT analysis, followed by the house model method. The fifth stage designing a strategy model for increasing the competitiveness of apple chips SMEs in Malang Raya. The results showed that; 1) the dominant variable in improving the performance of apple chips SMEs in Malang Raya is the innovation variable (X3) with an effective contribution of 39.4% and a relative contribution of 84.88%, 2) 16 apple chip SMEs are in the stage 2 position or growth rate , 3) the increase in sales of apple chips has increased by 221.2 quintals (15.6%) from 2019 to 2023, 4) the main priority that most determines the competitiveness of apple chips SMEs in the pillar of the house model is the product variable with weighted value. amounting to 0.726, and 5) the design of the strategy model for increasing the competitiveness of apple chips SMEs in Malang Raya is The Competitive Apple Model-CISR.

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: 0621100001
Uncontrolled Keywords: Strategi, Daya saing, UKM, Keripik apel,Strategy, Competitiveness, SMEs, Apple chips
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture > 338.16 Production efficiency
Divisions: S2/S3 > Magister Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 09 Dec 2021 03:32
Last Modified: 24 Feb 2022 01:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186914
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Cahyuni Novia.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item