Literature Review: Hubungan Metode Baby Led Weaning dengan Kejadian Tersedak (Choking) pada Bayi

Salsabila, Farisa and Mega Ulfah, SST, M.Keb. and dr. Ni Luh Putu H, M., SpA., M.Biomed. (2021) Literature Review: Hubungan Metode Baby Led Weaning dengan Kejadian Tersedak (Choking) pada Bayi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Metode pemberian Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI) yang pada umumnya dilakukan oleh masyarakat yaitu dengan cara ibu menyuapi bayinya yang dimulai dengan makanan bertektur lembut. Namun, sekarang mulai berkembang metode pemberian MPASI yang lain yaitu Baby Led Weaning (BLW). Metode ini dilakukan dengan mengenalkan makanan sehat keluarga berupa makanan berbentuk solid atau finger food. Baby led weaning juga mengajarkan bayi untuk makan sendiri semenjak awal proses pengenalan MPASI. Metode BLW selain memiliki manfaat dalam stimulasi perkembangan oral motor, namun juga terdapat tingginya kekhawatiran terjadi tersedak pada bayi. Terjadinya tersedak ini berkaitan dengan kemampuan perkembangan yang dikuasai bayi dan bentuk makanan pada awal pengenalan MPASI. Penelitian ini untuk mengkaji kejadian tersedak (Choking) pada bayi dengan metode Baby Led Weaning dengan metode penelitian Literature Review. Penelitian ini menggunakan artikel ilmiah yang dipublikasikan pada rentang tahun 2010-2020 dan menggunakan PICOT (problem, intervention, comparison, outcome, time) dalam melakukan analisis data. Didapatkan Hasil yang mendukung keterkaitan BLW dengan kejadian tersedak sebanyak 3 jurnal dan 7 lainnya menjelaskan adanya kejadian tersedak pada bayi namun, tidak ada perbedaan signifikan terjadinya tersedak pada bayi saat dibandingkan dengan bayi yang menggunakan MPASI dengan metode tradisional. Pengenalan makanan padat dengan metode Baby Led Weaning pada awal usia 6 bulan memiliki resiko terjadi tersedak sehingga dibutuhkan pengawasan penuh pada tahap awal.

English Abstract

The method of complementary feeding that generally used by the community is by feeding the baby starting with textured food. However, now another method of giving complementary foods is starting to develop, namely Baby Led Weaning (BLW). This method is a feeding method that introduces healthy family foods in the form of solid foods or finger food. The baby led weaning method also allows children to feed themselves from the beginning of the process of introducing complementary foods to breast milk. The BLW method not only has benefits in stimulating oral motor development, but there is also a high level of concern about choking in infants. The occurrence of choking is related to developmental abilities controlled by infants and the form of food at the beginning of the introduction of solids This study is to examine the incidence of choking in infants using the Baby Led Weaning method with the Literature Review research method. This study uses scientific articles published in the range of 2010-2020 and uses PICOT (problem, intervention, comparison, outcome, time) in conducting data analysis. Results were obtained the association of BLW with choking as many as 3 journals and 7 others explained the occurrence of choking in infants, however, there was no significant difference in the occurrence of choking in infants when compared with infants using complementary foods with traditional methods. The introduction of solid food with the Baby Led Weaning method at the beginning of the age of 6 months has a risk of choking, so full supervision is needed at an early stage.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521060114
Uncontrolled Keywords: Baby Led Weaning, Tersedak atau Choking, Baby Led Weaning and Choking
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 618 Gynecology, obstetrics, pediatrics, geriatrics > 618.2 Obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 02 Dec 2021 02:37
Last Modified: 23 Feb 2022 07:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186877
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
- Farisa Salsabila.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item