Sari, Teresia Aprilita Ayunda (2021) Responsivitas Pemerintah Terhadap Partisipasi Masyarakat Di Media Sosial (Studi Pada Pengelolaan Akun Media Sosial Pemerintah Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Dalam membangun komunikasi dan interaksi dengan publik di era digital, Pemerintah Kota Malang memanfaatkan media sosial untuk menyebarluaskan informasi, menyerap dan mengolah aspirasi serta membangun citra pemerintah yang baik. Begitu juga publik dalam memanfaatkan media sosial memiliki kebebasan untuk berpendapat, memberikan kritik, saran pengaduan dan semacamnya sebagai bentuk partisipasi. Namun dalam pelaksanaannya sering ditemukan komentar atau cuitan publik yang menunjukkan persepsi negatif atas kinerja pemerintah, spesifik kurangnya respons akun media sosial pemerintah dalam menjawab feedback masyarakat. Hal tersebut justru memperlihatkan adanya kesenjangan antara aktifnya unggahan konten namun pasifnya respons pemerintah. Oleh sebab itu, peneliti tertarik menganalisa interaktivitas akun media sosial Pemerintah Kota Malang dengan menganalisa dan membandingkan pandangan antara dua pihak, yakni Pemerintah dan Masyarakat. Penelitian ini menggunakan teori e-participation oleh Machintos untuk menganalisa sejauh mana pengelolaan media sosial dapat mempengaruhi level partisipasi masyarakat di media sosial. Data-data penelitian ini diperoleh melalui wawancara dengan pihak terkait serta studi terhadap dokumen yang relevan. Hasil Penelitian kualitatif ini menunjukkan bahwa pada mulanya terdapat dua poin krusial yang menjadi kendala pemerintah dalam memberikan respons yang cepat di kanal media sosial @pemkotmalang, akan tetapi untuk mengatasi hal tersebut Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika memiliki beberapa bentuk strategi yang menjadi solusi dalam meningkatkan responsivitas di media sosial.
English Abstract
In building communication and interaction with the public in the digital era, the Malang City Government utilizes social media to disseminate information, absorb and process aspirations and build a good government image. Likewise, in utilizing social media, the public has the freedom to express opinions, provide criticism and suggestions for complaints as a form of participation. However, in practice, public comments or tweets show negative perceptions of the government's performance, specifically the lack of response to government social media accounts in responding to public feedback. This actually shows a gap between the active content uploads and the passive response of the government. Therefore, researchers are interested in analyzing the interactivity of Malang City Government social media accounts by analyzing and comparing views between two parties, namely the Government and the Community. This study uses the theory of e-participation by Macintosh to analyze how social media management can affect the level of community participation in social media. The data of this research were obtained through interviews with related parties and studies of relevant documents. This qualitative study indicates that at first, two crucial points became an obstacle for the government in providing a fast response on the @pemkotmalang social media channel. Still, to overcome this, the Malang City Government, through the Department of Communication and Informatics, had several forms of strategies that became solutions in increase responsiveness on social media.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0521110037 |
Uncontrolled Keywords: | E-participation, Responsivitas, Media Sosial, Pemerintah Kota Malang,E-Participation, Responsiveness, Social Media, Malang City Government |
Subjects: | 300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 30 Nov 2021 06:28 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 07:23 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186860 |
![]() |
Text
TERESIA APRILITA AYUNDA SARI..pdf Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |