Pengaruh Intensitas Dalam Mengakses Media Sosial Twitter Dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Kecantikan Pada Followers Akun @Skincarefess

Ramadhanti, Roweina (2021) Pengaruh Intensitas Dalam Mengakses Media Sosial Twitter Dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Kecantikan Pada Followers Akun @Skincarefess. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada zaman ini teknologi sangat berkembang dengan sangat pesat. Perubahan pun terjadi termasuk dalam mencari dan mendapatkan suatu informasi. Pentingnya informasi menjadi kebutuhan pokok, di mana pun dan kapan pun masyarakat akan membutuhkan informasi. Saat ini informasi sangat dibutuhkan untuk menunjang keseharian sebagai makhluk sosial. Dalam pencarian informasi merupakan bagaimana seseorang berperilaku dalam memperoleh informasi karena adanya kebutuhan atau motif yang ingin dipenuhi, maka hal ini yang mendorong seseorang aktif menggunakan media sosial. Pada teori Uses and Gratification (U&G) pengguna media memainkan peran penting dan aktif untuk memilih media yang diinginkan untuk memenuhi kebutuhannya. Teori ini yang nantinya menjadi gambaran proses pemenuhan kebutuhan yakni bagaimana pengunaan media dapat memberikan kepuasan pada khalayak. Penelitian ini bertujuan untuk melihat ada pengaruh intensitas pada media sosial Twitter akun @skincarefess terhadap pemenuhahan kebutuhan informasi kecantikan. Variabel independen yang diuji dalam penelitian ini adalah Intensitas (X) dengan indikator perhatian, penghayatan, durasi dan frekuensi yang di uji seberapa besar pengaruhnya terhadap variabel dependen yaitu Pemenuhan Kebutuhan Informasi (Y) dengan indikator kebutuhan kongnitif, kebutuhan afektif, kebutuhan integrasi personal, kebutuhan integrasi sosial dan kebutuhan pelepasan. Populasi penelitian ini sebanyak 100 dengan menggunakan rumus Slovin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Intensitas mengakses akun Twitter @skincarefess pada followers berpengaruh signifikan terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi kecantikan sebesar 0,426 dengan presentase 42.6%.

English Abstract

In this era, technology is developing very rapidly. Changes also occur, including in seeking and obtaining information. The importance of information is a basic need, wherever and whenever people will need information. Currently, information is needed to support daily life as a social being. In search of information is how someone behaves in obtaining information because of a need or motive to be fulfilled, so this is what encourages someone to actively use social media. In Uses and Gratification (U&G) theory, media users play an important and active role in selecting the desired media to meet their needs. This theory will later become a description of the process of fulfilling the needs, namely how the use of media can give satisfaction to audiences. This study aims to see the influence of intensity on the social media Twitter account @skincarefess on meeting the needs for beauty information. The independent variable tested in this study is Intensity (X) with indicators of attention, appreciation, duration and frequency tested how much influence it has on the dependent variable, namely Information Needs Fulfillment (Y) with indicators of cognitive needs, affective needs, personal integration needs, needs. social integration and needs disengagement. The population of this study was 100 using the Slovin formula. The results of this study indicate that the intensity variable accessing the @skincarefess Twitter account on followers has a significant effect on the fulfillment of beauty information needs of 0.426 with a percentage of 42.6%.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521110036
Uncontrolled Keywords: Uses and gratification , Media Sosial akun Twitter @skincarefess, kebutuhan Informasi Kecantikan., Uses and gratification, Social Media @skincarefess Twitter account, Beauty Information needs.
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 30 Nov 2021 06:14
Last Modified: 17 Oct 2024 07:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186858
[thumbnail of Roweina Ramadhanti..pdf] Text
Roweina Ramadhanti..pdf

Download (9MB)

Actions (login required)

View Item View Item