“Analisis Partisipasi Perempuan Dalam Program Pendidikan Pemberdayaan Perempuan Mandiri (Gp3m) Di Kabupaten Wonogiri Tahun 2020”

Nugrahani, Adzana Akbar Yuseta (2021) “Analisis Partisipasi Perempuan Dalam Program Pendidikan Pemberdayaan Perempuan Mandiri (Gp3m) Di Kabupaten Wonogiri Tahun 2020”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu permasalahan sosial yang masih menjadi momok bagi masyarakat di Indonesia adalah kemiskinan. Dengan adanya realitas tersebut, maka harus diformulasikan sebuah kebijakan yang dapat menurunkan tingkat kemiskinan di mulai dari tingkat terkecil dalam tatanan masyarakat. Oleh karena itu, partisipasi masyarakat merupakan faktor kunci dalam berjalannya suatu kebijakan. Dewasa ini, kelompok perempuan menjadi salah satu kelompok yang difokuskan oleh para stakeholders kebijakan sebagai salah satu sarana untuk menurunkan angka kemiskinan di Indonesia. Salah satu kebijakan terkait peningkatan kualitas hidup perempuan ini adalah Gerakan Pendidikan dan Pemberdayaan Perempuan Mandiri (GP3M) yang merupakan salah satu program kegiatan dari Kemendikbud Republik Indonesia. Adapun salah satu wilayah yang menjadi lokasi program kegiatan ini adalah Kabupaten Wonogiri. Untuk menganalisis sejauh mana partisipasi aktif perempuan dalam kegiatan ini, maka dilakukan penelitian dengan menggunakan empat indikator partisipasi, yakni informasi/akses yang diterima atau disampaikan perempuan, inisiasi dan apresiasi kelompok perempuan, mekanisme pengambilan keputusan, dan kontrol pengawasan (controlling). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang telah dilakukan secara garis besar menunjukkan bahwasannya tingkat partisipasi masyarakat penerima program kebijakan, yang dalam hal ini merupakan perempuan telah memperlihatkan hasil yang positif. Meskipun di sisi lain masih ditemukan beberapa kendala seperti keterbatasan fasilitas dan akses pengetahuan yang berbeda dari setiap individu, tetapi aspirasi dan inisiasi perempuan dalam kegiatan telah berjalan dengan baik serta sesuai dengan yang diharapkan.

English Abstract

One of the social problems that is still a scourge for people in Indonesia is poverty. Given this reality, a policy must be formulated that can reduce the level of poverty starting from the smallest level in the community structure. Therefore, community participation is a key factor in the running of a policy. Today, women's groups are one of the groups that are focused on by policy stakeholders as a means of reducing poverty in Indonesia. One of the policies related to improving the quality of life for women is Gerakan Pendidikan dan Pemberdayaan Perempuan Mandiri (GP3M) which is one of the program activities of the Ministry of Education and Culture of the Republic of Indonesia. One of the areas that is the location for this activity program is Wonogiri Regency. To analyze the extent of women's active participation in this activity, a study was conducted using four indicators of participation, namely information/ access received or conveyed by women, initiation and appreciation of women's groups, decision-making mechanisms, and controlling control. This type of research used in this research is descriptive qualitative. This is shown by the active participation of women in all lines of activity programs to be able to contribute and play an active role in their respective fields. Although on the other hand there are still some obstacles, such as limited facilities and different access to knowledge for each individual, the aspirations and initiations of women in activities have gone well and as expected.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521110027
Uncontrolled Keywords: Partisipasi, Kebijakan, Perempuan, GP3M, Wonogiri, Participation, Policy, Women, GP3M, Wonogiri
Subjects: 300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 29 Nov 2021 03:50
Last Modified: 24 Feb 2022 01:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186810
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
ADZANA AKBAR YUSETA NUGRAHANI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item