Strategi Pesan pada Iklan Nodeflux Pengembang Teknologi Artificial Intelligence dalam Membangun Brand image Perusahaan (Studi Retorika Visual pada Iklan Korporat PT Astra International Tbk)

Arni, Nahda Aulia (2021) Strategi Pesan pada Iklan Nodeflux Pengembang Teknologi Artificial Intelligence dalam Membangun Brand image Perusahaan (Studi Retorika Visual pada Iklan Korporat PT Astra International Tbk). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Iklan merupakan bentuk komitmen yang dilakukan oleh perusahaan untuk berkomunikasi dengan stakeholder. Semakin besar bisnis perusahaan maka semakin besar pula kebutuhan perusahaan untuk menyatukan berbagai aktivitas dalam satu image, salah satunya adalah melalui iklan korporat. Melalui iklan Nodeflux - Pengembang Teknologi Artificial Intelligence, PT Astra International Tbk berusaha untuk berkomunikasi dan menciptakan image melalui kontribusi positif yang dilakukan perusahaan. Menggunakan paradigma interpretatif dan pendekatan kualitatif, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi pesan persuasif yang dilakukan PT Astra International Tbk pada iklan Nodeflux dengan analisis retorika visual oleh Sonja K. Foss untuk membentuk brand image perusahaan. Hasil dari penelitian ini antara lain: (1) pesan utama yang berusaha disampaikan adalah perusahaan secara konsisten akan terus mendukung para pemuda untuk menjadi sosok inspiratif dengan gagasan- gagasan besar untuk kemajuan bangsa, (2) iklan ini dapat membangun pesan persuasif melalui retorika visual dengan penggunaan simbolisasi dari elemen visual, menciptakan interaksi dengan engagement dalam Instagram dan membentuk pesan yang mudah dipahami oleh publik, (3) iklan korporat ini mendapatkan respon positif dari bagaimana perusahaan mengemas informasi yang semakin memperkuat brand image positif perusahaan.

English Abstract

Advertising is a commitment made by the company to communicate with the stakeholders. The bigger the company business the more need to unite a variety of the company activities in one image, one of them is through corporate advertising. With Nodeflux - Developer of Artificial Intelligence Technology advertisement, PT Astra International Tbk trying to communicate and create an image through the positive contribution made by the company. Using qualitative research and interpretative paradigm, this research aims to describe and analyze the persuasive messages strategy by PT Astra International Tbk on Nodeflux advertising with visual rhetoric analysis by Sonja K. Foss to form a corporate brand image. Based on analysis and observation this research conclude that: (1) the main messages was the company consistently will support the youth to be an inspirational figure who has a big idea to developing our nation, (2) this commercial can build persuasive messages through visual rhetoric in visual elements symbolization use, creating interaction through engagement on Instagram and establishing message that is easily understood by the public, (3) this corporate advertising received positive response on how the information is packaged, that strengthens the positive brand image.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521110017
Uncontrolled Keywords: Strategi Pesan Persuasif, Iklan Korporat, Retorika Visual, Brand Image, Persuasive Messages Strategy, Corporate Advertising, Visual Rhetoric, Brand image
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 26 Nov 2021 03:33
Last Modified: 25 Feb 2022 06:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186796
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
- Nahda Aulia Arni.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item