Analisis Yuridis Karakteristik Kartel Sebagai Perbuatan Anti Persaingan Dalam Prespektif Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 Dan Sherman Antitrust Law

Hidayat,, Sherina Naailah (2021) Analisis Yuridis Karakteristik Kartel Sebagai Perbuatan Anti Persaingan Dalam Prespektif Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 Dan Sherman Antitrust Law. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada skripsi ini, penulis mengangkat permasalahan terkait dengan pengaturan kartel pada Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 dimana dalam penegakannya menggunakan pendekatan rule of reason yang dibutuhkan dibuktikan terlebih dahulu mengenai akibat yang timbul. Berbeda dengan pengaturan kartel di berbagai negara besar seperti Amerika Serikat yang menggunakan pendekatan per se ilegal dalam penegakan kartel dimana pendekatan ini tidak perlu di buktikan lebih lanjut. Dan pengaturan penegakan kartel di Indonesia memiliki banyak kelemahan di banding penegakan kartel di Amerika Serikat. Berdasarkan hal tersebut diatas, skripsi ini mengangkat rumusan masalah, yaitu: Mengapa Kartel Dianggap Secara Signifikan Bertentangan Dengan Prinsip Persaingan Usaha Yang Sehat? Kemudian, dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan metode yuridis normatif dengan metode pendekatan perundang-undangan (statute approach) dan metode pendekatan perbandingan (comparative approach). Bahan hukum primer, sekunder dan tersier yang diperoleh penulis akan dianalisis dengan menggunakan metode penafsiran sistematis, penafsiran gramatikal dan penafsiran komparatif. Dari hasil penelitian dengan menggunakan metode diatas, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada, bahwa kartel merupakan perbuatan yang signifikan bertentangan dengan persaingan usaha sehingga dalam penegakannya tidak perlu dibuktikan akibat dari kartel tersebut sehingga tepat bila penegakan kartel menggunakan pendekatan per se illegal dibanding menggunakan pendekatan rule of reason. Dapat dilihat beberapa kelemahan pengaturan kartel di Indonesia dibandingkan dengan Amerika Serikat. Di Amerika Serikat menggunakan pendekatan per se illegal, di Indonesia menggunakan rule of reason yang memiliki kelemahan yaitu membutuhkan biaya besar dan waktu yang lama dalam mengungkap kartel, juga dibutuhkan pakar-pakar di bidang ekonomi dan hukum. Sanksi kartel di Amerika Serikat lebih tinggi dari pada sanksi kartel di Indonesia yang hanya berupa sanksi administratif. Dan badan penegakan kartel di Amerika Serikat memiliki wewenang lebih luas di banding badan penegak kartel di Indonesia.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520010186
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 25 Nov 2021 04:52
Last Modified: 24 Feb 2022 07:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186778
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
SHERINA NAAILAH HIDAYAT.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item