Analisis Kesalahan Menggunakan Ejaan Pada Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Malang

Ngaini, Yuyun Puji Nurul (2017) Analisis Kesalahan Menggunakan Ejaan Pada Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Siswa kelas VII-A SMP Negeri 10 Malang masih mengalami kesalahan dalam menulis ejaan pada teks fabel. Kesalahan tersebut karena siswa kurang memperhatikan dalam menulis ejaan pada teks fabel. Berdasarkan masalah tersebut peneliti menggunakan ejaan tanda koma, tanda tanya, tanda seru, dan pemakaian huruf kapital. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kesalahan penggunaan ejaan pada teks fabel siswa kelas VII-A SMPN 10 Malang. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-A SMPN 10 Malang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes dan wawancara. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif dengan mencari nilai rata-rata persentase keberhasilan siswa. Hasil penelitian menulis ejaan pada teks fabel menunjukkan (1) penggunaan tanda koma sebanyak 100% siswa berada pada kategori sangat baik karena jumlah kesalahan ≤ 12 kesalahan, (2) penggunaan tanda tanya sebanyak 100% berada pada kategori sangat baik karena jumlah kesalahan ≤ 12 kesalahan, (3) penggunaan tanda seru sebanyak 96% siswa berada pada kategori sangat baik dan 4% siswa berada pada kategori baik karena siswa tidak banyak kesalahan pada tanda seru, (4) penggunaan tanda petik sebanyak 97% siswa berada pada kategori sangat baik dan 3% siswa berada pada kategori cukup karena siswa tidak banyak kesalahan pada tanda petik, dan (5) penggunaan huruf kapital sebanyak 44% siswa berada pada kategori sangat baik, 6% siswa berada pada kategori baik, 9% siswa berada pada kategori cukup, dan 41% siswa berada pada kategori kurang karena siswa banyak kesalahan menggunakan huruf kapital dalam teks fabel.

English Abstract

VII-A Grader of SMP Negeri 10 Malang are still facing some spelling error infable text writing. It occurred as students pay less attention on writing the text.Based on this problem, the researcher analyzed the use of commas, question mark,exclamation mark, and capitalization. The objective of this study was to analyzespelling error of fable text by the students of VII-A SMPN 10 Malang. This research used qualitative descriptive method. The subject was 34 studentsof VII-A class in SMPN 10 Malang. The data collection methods were test andinterview. The data analysis used descriptive statistic by finding the averagepercentage of students’ success. The result study of writing on fable text showed that (1) 100% students got on the excellent category on writing commas since the was only ≤ 12 mistakes on this stage, (2) the question mark usage reached 100% which is on excellent category as students made ≤ mistakes, (3) on the usage of quotation mark, 96% students got to the excellent category while the other 4% was on the category of good since they did not produce so many mistakes, (4) 97% students reach the excellent category on the usage of quotation mark while the rest of 3% was on the enough category, (5) on the usage of capital letter, 44% students already reached the excellent category, 6% of good category, 9% of enough category, and the last 41% students were categorized as less because students were still making quite frequent mistakes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2017/607/051707387
Uncontrolled Keywords: Kesalahan, menggunakan ejaan, Teks Fabel
Subjects: 400 Language > 411 Writing systems of standard forms of language
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 29 Aug 2017 08:04
Last Modified: 18 Nov 2020 14:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/1867
[thumbnail of YUYUN PUJI NURUL NGAINI.pdf]
Preview
Text
YUYUN PUJI NURUL NGAINI.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item