Upaya Pt. Taspen (Persero) Dalam Mencegah Dan Menangani Pencairan Klaim Asuransi Kematian Fiktif

Yohana, Cecilia Gita (2020) Upaya Pt. Taspen (Persero) Dalam Mencegah Dan Menangani Pencairan Klaim Asuransi Kematian Fiktif. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada skripsi ini, penulis mengangkat permasalahan mengenai upaya PT. Taspen (Persero) dalam mencegah dan menangani pencairan klaim asuransi kematian fiktif. Pemilihan tema tersebut dilatarbelakangi oleh adanya pemalsuan dokumen asuransi kematian dan kurangnya kesadaran nasabah asuransi dalam melengkapi kebenaran dokumen persyaratan dan menyampaikan informasi yang jujur, jelas, dan sebenar- benarnya dalam pengajuan pencairan klaim asuransi kematian dan menghambat pelaksanaan pencairan asuransi kematian. Akibatnya PT. Taspen (Persero) mengalami kerugian. Berdasarkan latar belakang tersebut, skripsi ini mengangkat rumusan masalah yaitu bagaimana pelaksanaan pencegahan dan penanganan pencairan klaim asuransi kematian fiktif di PT. Taspen (Persero), apa kendala pelaksanaan pencegahan dan penanganan pencairan klaim asuransi kematian fiktif di PT. Taspen (Persero) dan bagaimana upaya untuk mengatasi kendala pelaksanaan pencegahan dan penanganan pencairan klaim asuransi kematian fiktif di PT. Taspen (Persero). Untuk menjawab permasalahan di atas, penelitian hukum empiris ini menggunakan metode pendekatan yuridis-sosiologis. Sumber data diperoleh berupa data primer melalui wawancara dan observasi serta data sekunder melalui studi kepustakaan. Data primer dan data sekunder yang diperoleh penulis akan dianalisis menggunakan teknik analisis menggunakan deskriptif kualitatif. Berdasarkan pembahasan, maka dapat disimpulkan: (1) Pelaksanaan pencairan klaim asuransi kematian Pegawai Negeri Sipil pada PT. TASPEN (Persero) dimulai dari nasabah mengajukan surat permohonan pembayaran, petugas melakukan perhitungan hak peserta dan mencetak Lembar Perhitungan Hak (LPH), Kepala Bidang keuangan mengesahkan lembar perhitungan sehingga kasir bisa melakukan pembayaran kepada nasabah sesuai dengan jumlah yang telah tertera pada Lembar Pehitungan Hak (LPH). (2) Kendala yang dihadapi dalam pencegahan dan penanganan pencairan klaim asuransi kematian Pegawai Negeri Sipil pada PT. TASPEN (Persero) yaitu kurangnya kesadaran nasabah asuransi dalam melengkapi kebenaran dokumen persyaratan dan menyampaikan informasi yang jujur, jelas, dan sebenar-benarnya, sehingga dalam pengajuan tersebut tidak menghambat pelaksanaan pencairan asuransi kematian. (3) Upaya-upaya yang dilakukan oleh pihak PT. Taspen (Persero) yaitu dengan cara memuat pengendalian internal, sebagai berikut: membangun kesadaran nasabah, membuat sistem pelaporan yang baik, melakukan survei, pemberian sanksi pada nasabah, mensosialisasikan program, menegaskan untuk memiliki identitas dan surat- surat yang lengkap, mensosialisasikan hak dan kewajiban nasabah, melakukan underwritting, klarifikasi dan investigasi, pengumpulan informasi, verifikasi data yang dilakukan wawancara langsung ataupun melalui panggilan telepon, analisis keuangan nasabah untuk mengetahui rasio pendapatan yang dimiliki nasabah, dan tahap terakhir adalah pengambilan keputusan apakah menyetujui ataukah menolak permohonan yang diajukan oleh calon nasabah, dinilai oleh underwriter.

English Abstract

This minor thesis aims to analyse the efforts of PT. Taspen (Persero) in preventing and handling disbursement of fictitious death insurance claims. The choice of the theme was motivated by the falsification of death insurance documents and the lack of awareness of insurance customers in completing the requirements of the required documents and conveying information that is honest, clear, and truthful in the submission of death insurance claim disbursement and hindering the implementation of death insurance disbursement. As a result, PT. Taspen (Persero) suffered a loss. Based on this background, this thesis raises the formulation of the problem namely how the implementation of the prevention and handling of disbursement of fictitious death insurance claims at PT. Taspen (Persero), what are the obstacles to the implementation of preventing and handling disbursement of fictitious death insurance claims at PT. Taspen (Persero) and how to overcome obstacles in the implementation of preventing and handling disbursement of fictitious death insurance claims at PT. Taspen (Persero). To answer the above problems, this empirical legal research uses the method of sociological juridical approach. Sources of data obtained in the form of primary data through interviews and observations and secondary data through literature studies. Primary data and secondary data obtained by the author will be analyzed using descriptive qualitative analysis techniques. Based on the discussion, it can be concluded: (1) Implementation of the disbursement of death insurance claims for Civil Servants at PT. TASPEN (Persero) starts from the customer submitting a request for payment, the officer calculates the participant's rights and prints the Rights Calculation Sheet (LPH), the Head of Finance ratifies the calculation sheet so that the cashier can make payments to the customer in accordance with the amount stated on the Rights Calculation Sheet ( LPH). (2) Constraints faced in the prevention and handling of disbursement of civil servant death insurance claims at PT. TASPEN (Persero), namely the lack of awareness of insurance customers in completing the truth of the required documents and delivering honest, clear, and truthful information, so that the submission does not hamper the implementation of death insurance disbursement. 3) Efforts made by PT. Taspen (Persero), namely by carrying out internal controls, as follows: building customer awareness, creating a good reporting system, conducting surveys, imposing sanctions on customers, promoting programs, asserting to have complete identity and documents, socializing rights and obligations the customer, underwritting, clarifying and investigating, gathering information, verifying data conducted in direct interviews or by telephone calls, customer financial analysis to determine the ratio of income owned by the customer, and the last step is making a decision whether to approve or reject the application submitted by prospective customers , rated by underwriters.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520010175
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 08 Nov 2021 07:06
Last Modified: 12 Apr 2023 02:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186691
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
- Cecilia Gita Yohana.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item