Perlindungan Hukum Bagi Nasabah Pengguna Jasa Penasihat Investasi Yang Mengalami Kerugian Berdasarkan Pasal 29 Pojk Nomor : 1/Pojk.07/2013 Tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan

Refiananda, Alysha and Moch. Zairul Alam,, S.H., M.H. and Shanti Riskawati,, S.H., M.H. (2021) Perlindungan Hukum Bagi Nasabah Pengguna Jasa Penasihat Investasi Yang Mengalami Kerugian Berdasarkan Pasal 29 Pojk Nomor : 1/Pojk.07/2013 Tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada skripsi ini penulis mengangkat permasalahan Perlindungan Hukum bagi Nasabah Penasihat Investasi yang mengalami kerugian berdasarkan Pasal 29 POJK Nomor 1/POJK.07/2013. Peraturan ini dicita citakan mampu untuk memberikan payung hukum untuk melindungi konsumen pada sektor jasa keuangan pada saat terjadi sengketa. Maka apabila konsumen yang mengalami kerugian yang diakibatkan oleh kesalahan dan/atau kelalaian pelaku usaha jasa keuangan maka konsumen berhak mendapatkan ganti rugi dan meminta pertanggung jawaban pelaku usaha. Bentuk perlindungan yang diberikan oleh OJK saat ini kepada para konsumen pengguna jasa penasihat investasi adalah OJK akan meminta untuk menghentikan kegiatan usahanya tersebut. Selain itu OJK akan melakukan pembelaan hukum kepentingan masyarakat sebagai konsumen yang berupa pengajuan gugatan di pengadilan terhadap para pihak yang mengakibatkan kerugian tersebut. OJK juga akan memberikan teguran berupa peringatan terhadap para penyelenggara kegiatan usaha yang dianggap menyimpang untuk dapat segera memperbaikinya, kemudian OJK memberikan informasi terkait dengan aktivitas yang dapat merugikan konsumen atau masyarakat umum. Baik penasihat investasi yang terdaftar maupun tidak terdaftar, keduanya merupakan objek dari pengawasan Otoritas Jasa Keuangan selama telah menjalankan fungsinya sebagai penyedia layanan keuangan, Otoritas Jasa Keuangan dapat melakukan upaya hukum baik preventif maupun represif demi tercapainya tujuan perlindungan Konsumen di sektor jasa keuangan yakni untuk menciptakan sistem perlindungan Konsumen yang andal, meningkatkan pemberdayaan Konsumen, dan menumbuhkan kesadaran Pelaku Usaha Jasa Keuangan mengenai pentingnya perlindungan Konsumen sehingga mampu meningkatkan kepercayaan masyarakat pada sektor jasa keuangan

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521010041
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 08 Nov 2021 06:07
Last Modified: 24 Feb 2022 03:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186681
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
- Alysha Refiananda.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item