Review: Identifikasi, Karakteristik dan Peran Bakteri Asam Laktat pada Produk Fermentasi Hasil Perikanan ( Dr.Sc. Asep Awaludin Prihanto, S.Pi, MP)

Bangun, Jessica Della Gracia (2021) Review: Identifikasi, Karakteristik dan Peran Bakteri Asam Laktat pada Produk Fermentasi Hasil Perikanan ( Dr.Sc. Asep Awaludin Prihanto, S.Pi, MP). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Produk perikanan adalah komoditi yang mudah rusak dan mudah busuk. Maka dari itu, untuk mengatasi masalah tersebut metode pengawetan tradisional yang digunakan adalah fermentasi. Metode fermentasi dipilih karena sederhana, murah dan tidak membutuhkan tenaga yang besar. Pada proses fermentasi terdapat kelompok bakteri asam laktat yang membantu tercapainya proses fermentasi. Tujuan dari literature review ini ada tiga, pertama adalah mengkaji karakteristik dari bakteri asam laktat, kemudian dilanjutkan dengan mengkaji cara identifikasi dari bakteri asam laktat, dan yang ketiga adalah mengkaji peran dari bakteri asam laktat pada proses fermentasi dan perannya pada penentuan kualitas akhir produk fermentasi. Metode yang digunakan pada tulisan ini adalah narrative review. Terdapat 6 tahapan dalam menulis skripsi ini dengan narrative review. Tahap pertama adalah pemilihan topik, mengembangkan argumentasi, mencari dan mengumpulkan artikel, menganalisis artikel, meninjau artikel dan menyusun tulisan review. Sumber pustaka yang digunakan adalah buku dan jurnal dengan kurun waktu 2011-2021. Portal yang digunakan untuk mencari pustaka adalah springer, frontiers in microbiology, wiley online library, Taylor&Francis, Elsevier, science direct, research gate dan e-book yang dicari oleh mesin pencari Google scholar. Bakteri asam laktat adalah kelompok bakteri yang dapat memproduksi asam laktat dan komponen lainnya seperti etanol, dan karbondioksida. Bakteri asam laktat terdiri dari 12 genus yang memiliki karakter gram positif, homofermentatif atau heterofermentatif, anaerob atau anaerob fakultatif, katalase negatif, tidak menghasilkan spora, berbentuk kokus atau batang dan biasanya non-motil. Terdapat beberapa pengujian yang dilakukan untuk mengidentifikasi bakteri asam laktat yaitu pewarnaan gram, uji katalase, uji motilitas, produksi gas, makroskopik dan pewarnaan spora. Peran bakteri asam laktat dalam proses fermentasi adalah untuk mendegradasi glukosa menjadi asam laktat yang merupakan metabolisme utama. Pada penentuan kualitas produk fermentasi, bakteri asam laktat berperan dalam meningkatkan rasa dan menghasilkan senyawa fungsional seperti lovastatin. Pada proses fermentasi, bakteri asam laktat berperan dalam penurunan pH, menghambat pertumbuhan mikroorganisme patogen, menekan nilai TVBN dan memiliki aktivitas proteolitik.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521080068
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Teknologi Hasil Perikanan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 08 Nov 2021 04:46
Last Modified: 22 Feb 2022 07:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186671
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
JESSICA DELLA GRACIA BANGUN.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item