Studi pustaka: Pemanfaatan Bahan Organik sebagai Media Kultur Cacing Sutra (Tubifex sp.) ( Dr. Ir. Arning Wilujeng Ekawati, M.S. dan Nasrullah Bai Arifin, S.Pi., M.Sc.)

Prasetya, Habib Huda (2021) Studi pustaka: Pemanfaatan Bahan Organik sebagai Media Kultur Cacing Sutra (Tubifex sp.) ( Dr. Ir. Arning Wilujeng Ekawati, M.S. dan Nasrullah Bai Arifin, S.Pi., M.Sc.). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kegiatan produksi pada sektor pembenihan ikan sangat bergantung pada ketersediaan pakan alami sebagai makanan untuk larva ikan. Cacing sutra merupakan pakan alami yang biasa diberikan pada larva ikan karena dapat merangsang pertumbuhan dan nafsu makan ikan. Kegiatan budidaya diperlukan untuk memenuhi kebutuhan cacing sutra sebagai pakan larva ikan dan menghindari parasit bawaan jika ditangkap dari alam. Media memegang peranan penting terhadap keberhasilan budidaya cacing sutra. Media tersebut dapat berasal dari bahan-bahan organik. Komposisi bahan organik yang digunakan sebagai media kultur dapat mempengaruhi keberhasilan produksi cacing sutra. Tujuan dilakukannya studi pustaka mengenai topik ini adalah untuk memberikan informasi mengenai pengolahan bahan organik sebelum digunakan sebagai media kultur cacing sutra, menganalisis pengaruh pemberian bahan organik terhadap biomassa dan kandungan nutrisi pada budidaya cacing sutra, serta menganalisis pengaruh pemberian bahan organik terhadap kualitas air pada budidaya cacing sutra. Metode yang digunakan dalam penulisan karya ilmiah ini adalah menggunakan metode studi pustaka. Tahapan penyusunan studi pustaka terdiri dari pemilihan topik, pencarian dan pemilihan literatur yang relevan, analisis literatur, dan penyusunan studi pustaka. Hasil studi pustaka menunjukkan bahwa pengolahan bahan organik untuk media kultur cacing sutra dapat dilakukan dengan cara didekomposisi secara alami dengan memanfaatkan mikroba yang ada di sekitarnya maupun menggunakan bantuan mikroba starter seperti EM4. Jenis dan komposisi bahan organik yang digunakan sebagai media kultur dapat berpengaruh terhadap biomassa dan kandungan nutrisi cacing sutra. Penggunaan bahan organik mustard oil cake + dedak gandum + bungkil kacang kedelai + kotoran sapi + pasir mampu menghasilkan biomassa mutlak sebesar >500 mg/cm2. Penggunaan bahan organik kotoran burung puyuh + roti afkir + ampas tahu yang difermentasi mampu menghasilkan cacing sutra dengan kandungan >60% protein dan >10% lemak. Kualitas air dapat dipengaruhi oleh jenis dan komposisi bahan organik yang digunakan, seperti pada penggunaan kotoran ayam pada media pasir dan tanah menghasilkan pH, dissolved oxygen yang lebih rendah dan amonia yang lebih tinggi daripada penggunaan media pasir dan tanah saja.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521080062
Uncontrolled Keywords: Tubifex sp., bahan organik, cacing sutra
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.3 Culture of cold-blooded vertebrates
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Budidaya Perairan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 08 Nov 2021 03:19
Last Modified: 23 Feb 2022 04:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186656
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Habib Huda Prasetya.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item