Studi Literatur: Pemberian Pakan yang Berbeda terhadap Kelulushidupan dan Pertumbuhan Kepiting Bakau (Scylla sp.) Dr. Ir. Arning Wilujeng Ekawati, M.S. dan Muhammad Fakhri, S. Pi., M.P., M. Sc.

Alifia, Aisah Nur (2021) Studi Literatur: Pemberian Pakan yang Berbeda terhadap Kelulushidupan dan Pertumbuhan Kepiting Bakau (Scylla sp.) Dr. Ir. Arning Wilujeng Ekawati, M.S. dan Muhammad Fakhri, S. Pi., M.P., M. Sc. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kepiting bakau merupakan satu di antara beberapa komoditas ekspor Indonesia yang cukup ekonomis, mengingat banyaknya permintaan ekspor kepiting bakau dan adanya peningkatan ekspor kepiting bakau setiap tahunnya. Budidaya kepiting bakau perlu ditingkatkan karena selama ini kepiting bakau kebanyakan diperoleh dari hasil penangkapan. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi kepunahan kepiting bakau. Namun, masalah budidaya kepiting bakau adalah terbatasnya pilihan pemberian pakan untuk meningkatkan produktivitas budidaya. Studi literatur ini dilakukan dengan metode systematic review dan traditional review. Pengerjaan review ini dilakukan dengan penentuan topik, pembuatan judul, penentuan tujuan, pencarian dan pengumpulan literatur. Literatur yang digunakan dalam membuat tulisan ini berasal dari publikasi artikel-artikel penelitian pada jurnal nasional dan internasional yang sebagian besar merupakan terbitan di atas tahun 2010. Artikel-artikel tersebut di dapatkan dengan mengunduh dari google scholar, science direct, elsevier, dan situs-situs lainnya. Berdasarkan hasil studi literatur, kepiting bakau dapat diberi jenis pakan alami baik hewani maupun nabati serta pakan buatan. Kepiting bakau masih lebih menyukai jenis pakan alami hewani daripada pakan buatan. Hal ini dikarenakan kebiasaan makan kepiting bakau yang mencabik mangsanya sebelum memakannya dan adanya pengaruh aroma pakan yang cukup kuat sehingga menarik kepiting bakau untuk memangsanya. Pemberian pakan alami cukup efektif untuk kelulushidupan dan pertumbuhan kepiting bakau mengingat nilai SR dan SGR dari jenis pakan alami menunjukkan hasil yang relatif lebih tinggi dibanding pakan buatan. Pakan buatan umumnya diberikan untuk penggemukan (fattening) kepiting bakau. Nilai FCR dari pemberian pakan buatan relatif lebih rendah dibandingkan pemberian pakan alami. Pakan terbaik untuk produktivitas kepiting bakau adalah dari jenis pakan alami hewani seperti udang rebon dan daging udang cincang, karena walupun menghasilkan FCR yang cukup tinggi, tingkat kelulushidupan dan pertumbuhannya lebih tinggi dibandingkan pakan buatan.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521080046
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.3 Culture of cold-blooded vertebrates
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Budidaya Perairan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 05 Nov 2021 06:38
Last Modified: 24 Feb 2022 04:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186580
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Aisah Nur Alifia.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item