Evaluasi Dan Perbaikan Desain Antarmuka Pengguna Situs Web Persela Store Dengan Menggunakan Metode Human Centered Design (Hcd) , Hanifah Muslimah Az-Zahra, S.Sn., M.Ds. dan Yusi Tyroni Mursityo, S. Kom., M. AB.

Ramadhani, Yahya Vernanda (2021) Evaluasi Dan Perbaikan Desain Antarmuka Pengguna Situs Web Persela Store Dengan Menggunakan Metode Human Centered Design (Hcd) , Hanifah Muslimah Az-Zahra, S.Sn., M.Ds. dan Yusi Tyroni Mursityo, S. Kom., M. AB. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Persela Store merupakan sebuah unit ritel yang dibentuk sebagai Official Store dari klub sepak bola Persela Lamongan yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk dan pemasukan dari tim serta mempermudah para penggemar (suppourter) Persela Lamongan mendapatkan informasi dan pembelian mengenai produk terbaru dari Persela. Melalui hasil wawancara dengan Stakeholder atau penanggung jawab Persela Store ditemukan permasalahan yaitu website Persela Store sejak pertama kali di-launching pada tahun 2018 belum pernah sama sekali dievalusi dan diperbaiki sehingga berdampak pada jumlah pengunjung yang berbelanja melalui website Persela Store yang sangat sedikit dan kurang maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai perbedaan kepuasan pengguna sebelum dilakukan evaluasi perbaikan dan setelah dilakukan evaluasi perbaikan desain solusi. Berdasarkan permasalahan yang ditemukan penelitian ini akan mengevaluasi menggunakaan Tree Testing untuk menilai navigasi website berdasarkan aspek yang meliputi Success Rate, First Clik, Directness, Time Spent, dan Destination. Dalam evaluasi tampilan kepuasan pengguna akan menggunakan System Usability Scale (SUS) yang bertujuan untuk mengetahui nilai kepuasan pengguna berdasarkan nilai Aspectibility Ranges, Grade Scale, Adjective Range, dan Percentile Rank. Dalam perancangan desain solusi melalui metode Close Card Sorting sebagai acuan struktur penentuan letak alur website berdasarkan ekspetasi dari pengguna, dengan hasil akhir sebuah sitemap dan sesuai dengan usability guidelines. Proses penelitan ini secara menyeluruh menerapkan pendekatan Human Centered Design (HCD) yang setiap prosesnya berkordinasi dan mendapat persetujuan dari stakeholder dan pengguna. Hasil akhir dan kesimpulan dalam penelitian ini yaitu nilai evaluasi berdasarkan testing pengguna, rekomendasi desain perbaikan berdasarkan ekspetasi pengguna dengan usability guidelines berupa Prototype High Fidelity. Hasil evaluasi akhir nilai Succes Rate 100%, Dirrectness 95,55%, Time Spent 4,13 detik, First Click 100%, Destination 100%, serta peningkatan nilai kepuasan pengguna berdasarkan peningkatan nilai Acceptability Ranges yaitu Acceptable, Grade Scale kategori B, Adjective Rating kategori Best Imaginable, dan Percentile Rank kategori A. Berdasarkan hasil nilai testing diatas, setelah dilakukan penelitian dengan menghasilkan sebuah output prototype desain rekomendasi perbaikan, terjadi peningkatan dalam nilai navigasi dan kepuasan pengguna dalam mengakses website Persela Store.

English Abstract

Persela Store is a retail unit formed as the Official Store of the Persela Lamongan football club which aims to increase product sales and income from the team and make it easier for Persela Lamongan fans (supporters) to get information and purchases about the latest products from Persela. Through interviews with stakeholders or the person in charge of the Persela Store, a problem was found, namely, the Persela Store website since it was first launched in 2018 has never been evaluated and improved at all so that it has an impact on the number of visitors who shop through the Persela Store website which is very few and less than optimal. The purpose of this study is to determine the value of differences in user satisfaction before the evaluation of the improvements and after the evaluation of the design of the solutions. Based on the problems found, this study will evaluate using Tree Testing to assess website navigation based on aspects including Success Rate, First Click, Directness, Time Spent, and Destination. In evaluating user satisfaction displays will use the System Usability Scale (SUS) which aims to determine the value of user satisfaction based on the value of Aspectibility Ranges, Grade Scale, Adjective Range, and Percentile Rank. In designing the solution design through the Close Card Sorting method as a reference for the structure of determining the layout of the website flow based on the expectations of the user, with the final result a sitemap and under usability guidelines. This research process as a whole applies the Human-Centered Design (HCD) approach where each process coordinates and gets approval from stakeholders and users. The final results and conclusions in this study are evaluation values based on user testing, recommendations for improvement designs based on user expectations with usability guidelines in the form of Prototype High Fidelity. The results of the final evaluation of the Success Rate value of 100%, Directness 95.55%, Time Spent 4.13 seconds, First Click 100%, Destination 100%, and an increase in user satisfaction values based on the increase in Acceptability Ranges values, namely Acceptable, Grade Scale category B, Adjective Rating for the Best Imaginable category, and Percentile Rank for category A. Based on the results of the above testing values, after conducting research by producing a output prototype design recommendation for improvement, there was an increase in the value of navigation and user satisfaction in accessing the website Persela Store.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520150488
Uncontrolled Keywords: Persela Store, Human Centered Design, Tree Testing, System Usability Scale, Card Sorting, High-Fidelity Prototype.
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 Nov 2021 01:48
Last Modified: 24 Feb 2022 02:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186523
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Yahya Vernanda Ramadhani.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (74MB)

Actions (login required)

View Item View Item