Evaluasi Usability dan Perbaikan Antarmuka Pengguna Aplikasi Bima Plus Menggunakan Metode Usability Testing dan User-Centered Design (UCD),Satrio Hadi Wijoyo, S.Si., S.Pd., M.Kom. dan Komang Candra Brata, S.Kom., M.T., M.Sc.

Sabilatunnajah, - (2021) Evaluasi Usability dan Perbaikan Antarmuka Pengguna Aplikasi Bima Plus Menggunakan Metode Usability Testing dan User-Centered Design (UCD),Satrio Hadi Wijoyo, S.Si., S.Pd., M.Kom. dan Komang Candra Brata, S.Kom., M.T., M.Sc. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bima Plus adalah aplikasi provider Tri yang memberikan layanan untuk mendukung kebutuhan pengguna kartu Tri. Berdasarkan studi terhadap ulasan pengguna pada Google Play Store dan wawancara kepada pengguna aplikasi, terdapat permasalahan usability pada aplikasi Bima Plus yang dirasakan oleh pengguna. Permasalahan tersebut diantaranya, tampilan antarmuka pengguna yang buruk, header iklan yang mengganggu, performa aplikasi yang lamban, sering terjadi bugs, dan lain sebagainya. Oleh karena itu perlu adanya evaluasi usability untuk digunakan sebagai acuan dalam merancang desain perbaikan antarmuka pengguna aplikasi Bima Plus. Perbaikan dilakukan dengan pendekatan User-Centered Design (UCD) yang menempatkan pengguna spesifik sebagai fokus utama pada setiap proses pengembangan, sedangkan metode yang digunakan dalam melakukan evaluasi usability adalah usability testing. Pengujian dilakukan kepada lima orang responden yang akan mengerjakan skenario tugas untuk mengukur tingkat efektivitas dan efisiensi, serta wawancara untuk menemukan permasalahan pada aplikasi. Setelah itu responden mengisi kuesioner System Usability Scale (SUS) untuk mendapatkan tingkat kepuasan. Pada evaluasi awal ditemukan 22 permasalahan yang akan diperbaiki dengan mengacu pada design guidelines. Hasil perbaikan dibuat dalam bentuk prototipe low-fidelity untuk kemudian dievaluasi dan diperbaiki ke dalam bentuk high-fidelity yang merupakan rancangan akhir dari desain solusi. Hasil pengujian terhadap rancangan akhir menunjukkan bahwa tingkat usability meningkat dari aplikasi awal. Nilai dari aspek efektivitas meningkat dengan persentase yang cukup rendah yaitu 10% berdasarkan perhitungan success rate. Pada aspek efisiensi, nilai overall relative efficiency (ORE) meningkat sebesar 23,08%. Serta untuk aspek kepuasan didapatkan peningkatan sebesar 31,5.

English Abstract

Bima Plus is a Tri provider application that provides services to support the needs of Tri card users. Based on studies of user reviews on the Google Play Store and interviews with application users, there are usability problems in the Bima Plus application that are felt by users. These problems are bad user interface, annoying ad headers, slow application performance, frequent bugs, and so on. Therefore it is necessary to evaluate usability to be used as a reference in designing the improved user interface of the Bima Plus application. Improvements are made with the User-Centered Design (UCD) approach which places specific users as the main focus in each development process. The usability evaluation is carried out by using the usability testing method to measure the effectiveness, efficiency and user satisfaction aspects. Testing was carried out on five respondents who will work on task scenarios to measure the level of effectiveness and efficiency, as well as interviews to find problems in the application. After that, the respondents filled out the System Usability Scale (SUS) questionnaire to get the level of satisfaction. In the initial evaluation, 22 problems were found which would be corrected by referring to the design guidelines. The results of the improvements are made into low-fidelity prototype, to be evaluated and corrected into a high-fidelity, which is the final design of the design solution. The test results of the final design show that the level of usability increases from the initial application. The value of the effectiveness aspect increased by a fairly low percentage of 10% based on the calculation of the success rate. In terms of efficiency, the overall relative efficiency (ORE) value increased by 23.08%. And for the satisfaction aspect, there was an increase of 31.5.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521150127
Uncontrolled Keywords: usability, user interface, usability testing, user centered design, system usability scale
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 Nov 2021 01:18
Last Modified: 23 Feb 2022 07:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186515
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Sabilatunnajah.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item