Rakha, Rizki Hasna Salsabil (2021) Evaluasi dan Perbaikan Antarmuka Guna Meningkatkan User Experience Menggunakan Metode Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi Kasus: Aplikasi Malang Menyapa) , Satrio Hadi Wijoyo, S.Si., S.Pd., M.Kom., dan Suprapto, S.T., M.T. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Aplikasi Malang Menyapa merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Dinas Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang. Dalam penggunaannya, ditemui beberapa permasalahan usability, diantaranya yaitu tampilan antarmuka yang terlalu ramai, tata letak tombol yang membingungkan, serta informasi yang tidak diperbaharui secara berkala. Evaluasi antarmuka belum pernah dilakukan oleh Disporapar Kota Malang, hingga penelitian ini dilakukan. Aplikasi Malang Menyapa sendiri sudah tidak beroperasi dan pihak Disporapar Kota Malang sedang menyiapkan aplikasi pariwisata baru. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi dan perbaikan antarmuka guna meningkatkan user experience menggunakan metode Usability Testing, System Usability Scale (SUS) dan User Experience Questionnaire (UEQ) sebagai bahan pertimbangan rekomendasi kepada Disporapar Kota Malang agar permasalahan yang sama tidak ditemukan pada aplikasi baru yang sedang dikembangkan. Hasil evaluasi awal yang didapatkan digunakan untuk merancang antarmuka baru dalam bentuk prototype. Dari hasil perbandingan antara desain awal dan desain perbaikan, didapatkan peningkatan pada komponen Learnability sebesar 26%, pada komponen Efficiency sebesar 64,85%, peningkatan pada komponen Satisfaction sebesar 58,37 pada skor SUS. Pada komponen Memorability didapatkan penurunan waktu pengerjaan sebesar 27,74% dan 2,76% pada jumlah klik. Pada komponen Error didapatkan penurunan sebesar 59%. Pada hasil pengujian kuesioner UEQ didapatkan peningkatan pada semua skala yang diujikan. Skala attractiveness mengalami peningkatan sebesar 3,45 poin. Pada skala perspicuity mengalami peningkatan sebesar 3,58 poin. Pada skala efficiency mengalami peningkatan sebesar 3,34 poin. Pada skala dependability mengalami peningkatan sebesar 2,73 poin. Pada skala stimulation mengalami peningkatan sebesar 2,31 poin. Pada skala novelty mengalami peningkatan sebesar 3,14 poin. Berdasarkan hasil perbandingan, desain solusi perbaikan berhasil meningkatkan user experience aplikasi Malang Menyapa.
English Abstract
The Malang Menyapa application is an application developed by the Ministry of City Sports, Culture and Tourism Office in Malang City. In its use, several usability issues were found, related to the overcrowded interface, confusing button layouts, and information that was not updated regularly. Until this research was conducted, the interface evaluation had never been carried out by the Malang City Disporapar. The Malang Greet application itself is no longer used and the Malang City Disporapar is preparing a new tourism application. This study aims to evaluate and improve the interface to improve user experience using the Usability Testing, System Usability Scale (SUS) and User Experience Questionnaire (UEQ) methods as input so that the same problems are not found in new applications that are being developed. The initial evaluation results obtained are used to design a new interface in the form of a prototype. From the results of the comparison between the initial design and the refined design, it was found that there was an increase of 26% in the Learnability aspect, 64.85% in the Efficiency aspect, and 59.37 SUS scores on the Satisfaction aspect. In the Memorability aspect, the processing time decreased by 27.74% and the number of clicks by 2.76%. In the Error aspect, a decrease of 59% was obtained. In the results of the UEQ questionnaire testing, it was found that there was an increase in all the scales tested. The Attractiveness scale has increased by 3.45 points. The Perspicuity scale has increased by 3.58 points. The Efficiency Scale has increase by 3.34 points. The Dependability Scale has increased by 2.73 points. The Stimulation scale has increase by 2.31 points. The Novelty scale has increase by 3.14 points. Based on the comparison results, the design of the improvement solution succeeded in improving the user experience of the Malang Menyapa application.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0521150125 |
Uncontrolled Keywords: | aplikasi malang menyapa, kuesioner SUS, prototype, usability, usability testing, user experience, user experience questionnaire (UEQ). |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 04 Nov 2021 07:19 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 02:23 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186505 |
Text
Rizki Hasna Salsabil Rakha..pdf Download (9MB) |
Actions (login required)
View Item |