Hubungan Hasil Tangkapan Ikan Tongkol (Euthynnus Affinis) Dengan Suhu Permukaan Laut Dan Klorofil-A Di Perairan Prigi, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Ir. Aida Sartimbul, M.Sc, Ph.D dan Dhira Khurniawan S., S.Kel., M.Sc.

Makya, Afif Syafda (2021) Hubungan Hasil Tangkapan Ikan Tongkol (Euthynnus Affinis) Dengan Suhu Permukaan Laut Dan Klorofil-A Di Perairan Prigi, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Ir. Aida Sartimbul, M.Sc, Ph.D dan Dhira Khurniawan S., S.Kel., M.Sc. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu daerah dengan kegiatan perikanan tangkap yaitu PPN Prigi Trenggalek Jawa Timur. Penelitian ini dilakukan pada lokasi perairan Prigi untuk mendapatkan data ground check. Data yang digunakan pada penelitian ini yaitu data hasil tangkap yang tersedia di kantor PPN Prigi. Hasil penangkapan yang tidak menentu (fluktuasi) menjadi permasalahan yang dihadapi oleh nelayan Prigi. Penyebab terjadinya hal tersebut dapat ditelusuri berdasarkan pendekatan oseanografi, khususnya parameter oseanografi seperti suhu permukaan laut dan klorofil-a. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui variasi suhu permukaan laut (SPL) dan klorofil-a Perairan Prigi tahun 2009-2018 menggunakan citra satelit Aqua MODIS, untuk mengetahui variasi hasil tangkap ikan Tongkol, serta menganalisis penyebab terjadinya penurunan atau fluktuasi hasil tangkap. Metode penentuan lokasi sampling yang digunakan untuk ground check yaitu purposive sampling dengan pengukuran data suhu dan klorofil-a yang dibandingkan dengan hasil citra. Pengolahan data hasil tangkap menggunakan perhitungan catch per unit effort (CPUE), dimana catch merupakan hasil tangkap alat tangkap tertentu dan effort merupakan jumlah frekuensi trip alat tangkap tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi SPL dan klorofil-a di Perairan Prigi memiliki besaran rata-rata SPL 27.87 °C dan rata-rata klorofil-a sebesar 1.27 mg/l. Kesimpulan dari penelitian ini adalah variasi SPL dan klorofil-a Palabuhan Perikanan Nusantara Prigi selama 10 tahun memiliki pola yang berbeda setiap musimnya. Fenomena IOD dan ENSO memiliki pengaruh terhadap CPUE ikan Tongkol di perairan Prigi. Penyebab terjadinya fluktuasi hasil tangkap ikan Tongkol diduga disebabkan karena adanya fenomena IOD dan ENSO yang mempengaruhi SPL dan klorofil. Faktor lain seperti arah angin dan kemampuan tangkap juga berpengaruh terhadap nilai CPUE ikan Tongkol.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521080024
Uncontrolled Keywords: Suhu Permukaan Laut, Klorofil-a, Hasil Tangkap, Pelabuhan Perikanan Nusantara Prigi
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 551 Geology, hydrology, meteorology > 551.4 Geomorphology and hydrosphere > 551.46 Oceanography and submarine geology
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Ilmu Kelautan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 04 Nov 2021 06:01
Last Modified: 20 Sep 2024 06:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186471
[thumbnail of AFIF SYAFDA MAKYA.pdf] Text
AFIF SYAFDA MAKYA.pdf

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item