Identifikasi Jenis dan Konsentrasi Mikroplastik Pada Saluran Pencernaan Ikan Bandeng (Chanos chanos) di Tambak Tanjungsari Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur. Fajri Anugroho STP. M. Agr. Ph. D dan Prof. Dr. Ir. Ruslan Wirosoedarmo, MS.

Karina, Zalfa (2021) Identifikasi Jenis dan Konsentrasi Mikroplastik Pada Saluran Pencernaan Ikan Bandeng (Chanos chanos) di Tambak Tanjungsari Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur. Fajri Anugroho STP. M. Agr. Ph. D dan Prof. Dr. Ir. Ruslan Wirosoedarmo, MS. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pencemaran sampah plastik yang ada di perairan akan berpengaruh besar pada kualitas air, sedimen, dan biota laut di dalamnya. Keberadaan sampah plastik ini memicu adanya kandungan mikroplastik dalam ekosistem perairan tersebut. Mikroplastik merupakan bagian kecil dari plastik yang telah mengalami masa degradasi dan tidak dapat dilihat menggunakan mata telanjang. Mikroplastik memiliki ukuran partikel yang sangat kecil antara 0,3 mm - ≤ 5 mm. Karena ukurannya yang kecil, mikroplastik sangat mudah mencemari lingkungan dan terakumulasi di perairan. Ukurannya yang kecil di luasnya perairan ini membuat mikroplastik juga sangat mudah masuk ke dalam tubuh biota laut. Kemungkinan besar yang terjadi apabila mikroplastik banyak termakan oleh biota laut adalah dapat meracuni rantai makanan, dimana manusia seringkali mengkonsumsi makanan laut (seafood). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui banyaknya mikroplastik perberat ikan bandeng yang terkandung dalam Ikan Bandeng dan mengetahui jenis, ukuran, dan warna mikroplastik yang terkandung di dalamnya. 9 Sampel Ikan Bandeng dan 3 sampel air tambak diambil dari Tambak Tanjungsari Kecamatan Jabon Kabupaten x Sidoarjo Jawa Timur. Penelitian dan pengujian sampel menggunakan larutan KOH 10%, H2O2 30%, Fe (II) 0,05 M, dan NaCl akan dilaksanakan di Laboratorium Sumber Daya Alam dan Lingkungan (TSAL). Identifikasi visual kandungan mikroplastik pada pencernaan ikan dilakukan dengan mikroskop CX33 di Laboratorium Teknik Sumberdaya Alam dan Lingkungan (TSAL). Pengujian lanjutan identifikasi gugus fungsi (polimer) penyusun mikroplastik menggunakan FT-IR (Fourier Transform Infra Red) dilakukan di Laboratorium Sentral Mineral dan Material Maju FMIPA Universitas Negri Malang. Beberapa jenis mikroplastik yang akan diidentifikasi adalah jenis fiber, film, dan fragmen. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan studi literatur.

English Abstract

Plastic waste pollution in the waters will have a major effect on the quality of the water, sediment, and marine life in it. The existence of this plastic waste triggers the microplastic content in the aquatic ecosystem. Microplastic is a small part of plastic that has undergone a period of degradation and cannot be seen with the naked eye. Microplastics have very small particle sizes between 0.3 mm - ≤ 5 mm. Due to their small size, microplastics easily pollute the environment and accumulate in water. Its small size in the breadth of these waters makes it very easy for microplastics to enter the body of marine life. Most likely what happens when many microplastics are eaten by marine life is that it can poison the food chain, where humans often consume seafood (seafood). The purpose of this study was to determine the amount of microplastic weight of milkfish contained in milkfish and to determine the type, size, and color of the microplastics contained therein. 9 samples of milkfish and 3 samples of pond water were taken from Tambak Tanjungsari, Jabon District, Sidoarjo Regency, East Java. Research and sample testing using a solution of 10% KOH, 30% H2O2, Fe (II) 0,05 M, and NaCl will xi i be carried out at the Natural Resources and Environmentt Laboratory (TSAL). Visual identification of microplastic content in fish digestion was carried out using the SZX16 microscope at the NaturaL Resources and Environmental Engineering Laboratory (TSAL) Further testing of identification of functional groups (polymers) making up microplastics using FT-IR (Fourier Transform Infra Red) was carried out at the Central Laboratory of Minerals and Advanced Materials, State University of Malang. Several types of microplastics that will be identified are fiber, film, and fragments. This research uses descriptive quantitative methods and literature studies.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521100171
Uncontrolled Keywords: Milkfish, Mikroplastic, Tanjungsari Pond,Ikan Bandeng, Mikroplastik, Tambak Tanjungsari
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture and related technologies
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Keteknikan Pertanian
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 04 Nov 2021 01:28
Last Modified: 23 Feb 2022 04:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186432
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Zalfa Karina.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item