Perancangan User Experience Aplikasi e-Business Pasar Tradisional Dengan Metode Human Centered Design (Studi Kasus: Pasar Oro-oro Dowo), Widhy Hayuhardhika Nugraha Putra, S.Kom., M.Kom., Retno Indah Rokhmawati, S.Pd., M.Pd.

Larasati, Indrihana Kharismaning (2021) Perancangan User Experience Aplikasi e-Business Pasar Tradisional Dengan Metode Human Centered Design (Studi Kasus: Pasar Oro-oro Dowo), Widhy Hayuhardhika Nugraha Putra, S.Kom., M.Kom., Retno Indah Rokhmawati, S.Pd., M.Pd. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Adanya pandemi Covid-19 berdampak pada beberapa kelompok masyarakat di Indonesia. Salah satunya adalah kelompok pedagang pasar tradisional yang mengalami penurunan pendapatan akibat adanya aturan pembatasan jumlah pengunjung dan pembatasan jam operasional pasar. Salah satu pasar yang terdampak adalah Pasar Oro-oro Dowo Kota Malang. Untuk mempertahankan perputaran ekonomi di pasar namun tetap menekan jumlah penyebaran Covid-19, maka diperlukan adanya platform jual-beli secara online. Namun tidak semua pedagang setuju dengan konsep jual-beli secara online, yakni ketika pedagang harus bersaing dalam memberikan harga termurah. Selain itu, prosedur yang berbelit-belit dapat mengurangi minat pedagang dalam bejualan secara online. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah menghasilkan rancangan user experience aplikasi e-business pasar yang memperhatikan kebutuhan setiap kelompok pengguna dan kemudahan penggunaan bagi pengguna. Dalam perancangan user experience ini, metode yang digunakan adalah Human-Centered Design yang memiliki beberapa tahapan yakni analisis konteks penggunaan, analisis kebutuhan pengguna, perancangan desain solusi dan evaluasi desain solusi menggunakan metode usability testing. Perancangan ini melibatkan tiga kelompok pengguna yakni pembeli, pedagang, dan pengelola pasar (admin). Sehingga terdapat tiga hasil rancangan aplikasi yang berbeda berbeda. Hasil dari perancangan ini berupa high-fidelity prototype yang kemudian dievaluasi oleh masing-masing kelompok pengguna dengan usability testing. Pada evaluasi tersebut terdapat tiga aspek yang diukur yakni aspek efektivitas, aspek efisiensi, dan aspek kepuasan pengguna yang dievaluasi menggunakan kuesioner PSSUQ. Dari evaluasi tersebut didapatkan skor dari masing-masing aspek tiap aplikasi. Pada aplikasi pembeli didapatkan skor efektivitas sebesar 98%, skor efisiensi sebesar 97,03% dan rata-rata skor sub-skala PSSUQ sebesar 2,15. Pada aplikasi pedagang skor yang didapatkan yakni efektivitas sebesar 100%, efisiensi sebesar 100% serta skor kepuasan pengguna rata-rata sebesar 2,0. Sedangkan pada website admin didapatkan skor efektivitas dan efisiensi sebesar 100% serta rata-rata skor sub-skala PSSUQ sebesar 1,11. Berdasarkan skor tersebut disimpulkan bahwa usability dari aplikasi e-business ini memiliki usability yang baik.

English Abstract

The covid-19 pandemic has an impact on several groups of people in Indonesia. One of them is the traditional market sellers who have decreased in income due to the regulations on the limitation for the number of visitors and market operating hours. One of the markets affected is Oro-Oro Dowo Market in Malang City. In order to maintain the economic turnover in the market while still reducing the number of Covid-19 spreads, an online trading platform is required. However, not all sellers agree with the online trading concept, which is when the sellers must compete in providing the lowest price. Furthermore, convoluted procedures can reduce the sellers' interest in selling online. Therefore, this study aims to generate the user experience design for the e-business application that considers the needs of each user group and easiness of the users. In this user experience design, the method used was Human-Centered Design, which has several stages, analysis of the context of use, analysis of the user needs, designing solution design, and evaluating solution design using usability testing method. This design involves three groups of users, buyer, seller, and market manager (admin). Thus, there are three different results of application design. The results of this design are in the form of a high-fidelity prototype, which is then evaluated by each user group with usability testing. There are three aspects measured in the evaluation: effectiveness, efficiency, and user satisfaction, which were evaluated using PSSUQ questionnaires. From the evaluation, a score is obtained from each aspect of each application. For example, in the buyer application, the effectiveness score is 98%, efficiency score is 97.03%, and the average score of the PSSUQ sub-scale is 2.15. In the seller application, the score obtained of the effectiveness is 100%, the efficiency score is 100%, and the average user satisfaction score is 2.0. Meanwhile, the admin website obtained an effectiveness and efficiency score of 100% and an average score of PSSUQ sub-scale of 1.11. Based on the score above, it can be concluded that the usability of the e-business application has good usability.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521150093
Uncontrolled Keywords: Pasar Tradisional, E-Business, Human Centered Design, Usability Testing, PSSUQ
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 03 Nov 2021 07:11
Last Modified: 24 Feb 2022 07:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186417
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Indrihana Kharismaning Larasati.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (13MB)

Actions (login required)

View Item View Item