Analisis Finansial Pengaruh Irigasi Tetes (Trickle Irrigation) Pada Tanaman Stroberi (Fragaria Sp.) Di Desa Pandanrejo, Kota Batu, Jawa Timur. Prof. Dr. Ir. Bambang Suharto, MS dan Prof. Dr. Ir. Ruslan Wirosoedarmo, MS.

Sembiring, Yoan Andika Putri (2021) Analisis Finansial Pengaruh Irigasi Tetes (Trickle Irrigation) Pada Tanaman Stroberi (Fragaria Sp.) Di Desa Pandanrejo, Kota Batu, Jawa Timur. Prof. Dr. Ir. Bambang Suharto, MS dan Prof. Dr. Ir. Ruslan Wirosoedarmo, MS. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

iv Yoan Andika Putri Sembiring. 155100901111037 ANALISIS FINANSIAL PENGARUH IRIGASI TETES (TRICKLE IRRIGATION) PADA TANAMAN STROBERI (Fragaria sp.) DI DESA PANDANREJO, KOTA BATU, JAWA TIMUR. Skripsi. Pembimbing: Prof. Dr. Ir. Bambang Suharto, MS dan Prof. Dr. Ir. Ruslan Wirosoedarmo, MS. RINGKASAN Indonesia merupakan lokasi yang tepat untuk pembudidayaan komoditi pertanian, terkhusus komoditi hortikultura yang terdiri dari tanaman obat, tanaman hias, sayuran dan buah-buahan. Salah satu komoditas dengan manfaat yang tinggi bagi tubuh adalah stroberi. Stroberi kaya akan vitamin C, B9, manganese, potassium dan antioksidan. Setiap tahun jumlah produksi stroberi mengalami kenaikan dan penurunan yang tidak menentu. Namun, meskipun dapat tumbuh dengan baik pada daerah bersuhu sejuk, tanaman stroberi juga tidak dapat menghasilkan buah dengan baik jika tidak didukung dengan pengairan yang stabil. Petani stroberi di Desa Pandanrejo menggunakan sistem irigasi tadah hujan untuk pemenuhan air bagi tanaman stroberi. Penggunaan sistem irigasi tadah hujan memiliki ketergantungan keefektifan pada curah hujan di daerah tersebut. Untuk mengatasi masalah penundaan panen yang disebabkan oleh curah hujan yang tidak stabil, perlu diadakan terobosan teknologi mengenai sistem irigasi. Irigasi tetes merupakan alternatif solusi dikarenakan petani dapat melakukan panen secara terus menerus tanpa gangguan curah hujan yang tinggi. Berdasarkan keterangan tersebut, peneliti berinisiatif untuk melakukan penelitian Analisis Finansial Pengaruh Irigasi Tetes (Trickle Irrigation) pada Tanaman Stroberi (Fragaria sp.) di Desa Pandanrejo, Kota Batu, Jawa Timur. Pengambilan sampel yang dilakukan menggunakan teknik simple random sampling. Hasil Penelitian yang diperoleh, NPV pada sistem tadah hujan adalah sebesar Rp 1.610.567.907,01sedangkan NPV dengan sistem irigasi tetes adalah Rp 3.555.500.322,54. Untuk Net R/C Ratio, pada irigasi tetes rasio Net B/C sebesar 1,4 satuan dengan IRR 135.2%. Sedangkan untuk sistem tadah hujan rasio Net B/C sebesar 1,39 dengan IRR 83%. Dengan hasil uji kelayakan dan sensitivitas dimana petani dengan irigasi tetes sangat menguntungkan sehingga memberikan suatu kesimpulan bahwa penerapan irigasi tetes layak untuk dilaksanakan untuk petani pemilik terlebih lagi petani penyakap di Desa Pandanrejo.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521100167
Uncontrolled Keywords: Budidaya Stroberi, Sistem Irigasi, Irigasi Tetes, Analisis Finansial
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture and related technologies
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Keteknikan Pertanian
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 03 Nov 2021 07:10
Last Modified: 24 Feb 2022 04:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186416
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Yoan Andika Putri Sembiring.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item