Analisis Hasil Pengolahan Tanah Menggunakan Bajak Piringan DP203B Dengan Variasi Kecepatan Maju Traktor Kubota B2420 (Studi Kasus Pada Lahan Hutan Rakyat Desa Karangwidoro). Dr. Ir. Gunomo Djoyowasito, MS dan Ir. Ekoyanto Pudjioyo, M.Eng. Sc

Triyanto, Wahyu (2021) Analisis Hasil Pengolahan Tanah Menggunakan Bajak Piringan DP203B Dengan Variasi Kecepatan Maju Traktor Kubota B2420 (Studi Kasus Pada Lahan Hutan Rakyat Desa Karangwidoro). Dr. Ir. Gunomo Djoyowasito, MS dan Ir. Ekoyanto Pudjioyo, M.Eng. Sc. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pertanian memiliki peranan penting dan strategis di Indonesia dalam menumbuhkan perekonomian nasional di dukung dengan wilayah daratan yang luas dan kaya akan sumber daya alam. Hutan rakyat menjadi salah satu objek daratan untuk kegiatan pertanian yang kepemilikannya ada pada masyarakat itu sendiri. Desa Karangwidoro merupakan salah satu desa di Kecamatan Dau, Kabupaten Malang dengan potensi hutan rakyat yang cukup luas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil pengolahan tanah menggunakan implemen bajak piringan (disk plow) DP203B dengan variasi kecepatan maju traktor kubota B2420 pada lahan hutan rakyat di Desa Karangwidoro. Hasil pengujian setelah dilakukan pengolahan tanah menggunakan variasi kecepatan maju low 1, 2, dan 3 dengan implemen bajak piringan (disk plow) terhadap sifat fisik tanah meliputi batas lekat, batas plastis, dan bulk density berdasarkan uji BNT 5% tidak berbeda nyata (p>0,05). Namun, dari hasil pengukuran sifat fisik batas lekat mengalami kenaikan pada saat sesudah pengolahan dibandingkan dengan sebelum pengolahan tanah. Hasil pengukuran selip roda traktor dengan kecepatan maju low 1 dan RPM 2000 didapatkan hasil selip roda tanpa pengolahan dan pengolahan sebesar 29,08 %. Sedangkan pada kedalaman olah tanah didapatkan hasil terbaik pada kecepatan maju low 1 dengan profil tanah hasil pengolahan tanah yang maksimal sesuai jumlah piringan cakram pada bajak. Pengukuran pola penurunan permukaan tanah setelah pengolahan, diamati selama 4 (empat) minggu ix dan didapatkan hasil pola penurunan tanah yang paling stabil terdapat pada kecepatan maju low 1.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521100165
Uncontrolled Keywords: hutan rakyat, bajak piringan, sifat fisik tanah, penurunan permukaan tanah
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture and related technologies
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Keteknikan Pertanian
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 03 Nov 2021 06:51
Last Modified: 16 Oct 2024 03:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186408
[thumbnail of Wahyu Triyanto.pdf] Text
Wahyu Triyanto.pdf

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item