Nugroho, Giri (2021) Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Menggunakan Metode Mobile-D (Studi Kasus: SD Negeri Wates Kabupaten Kediri), Komang Candra Brata, S.Kom., M.T., M.Sc. dan Adam Hendra Brata, S.Kom., M.T., M.Sc. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pada masa pandemi akibat COVID-19, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi menghimbau agar pembelajaran dilakukan dari rumah. Aktivitas belajar mengajar pada masa pandemi di SD Negeri Wates dilakukan melaluli aplikasi layanan pengirim pesan pada perangkat Android. Lebih dari 70% guru di SD Negeri Wates tidak memiliki laptop untuk menunjang proses belajar mengajar dan sebanyak 98.5% siswa menggunakan perangkat android. Tidak adanya interaksi tatap muka selama pandemi, membuat nilai siswa menjadi menurun dan sebanyak 17-28% siswa mengaku tidak memahami materi diberikan. Guru juga mengalami kesulitan dalam membuat rapor K 13, merekap tugas siswa, dan mendapat serta menyebarkan informasi sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangan aplikasi moblie learning dengan menyesuaikan kebutuhan dan memberikan kemudahan pengoperasian. Metode yang akan digunakan yakni Mobile-D karena Mobile-D memiliki sifat seperti agile yang fleksibel dan merupakan metodologi yang cocok untuk pembuatan aplikasi mobile dengan tim kurang dari 10 orang dan pengerjaannya dapat dilakukan kurang dari 10 minggu. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan kuisioner. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, penilaian pengguna terhadap aplikasi dengan nilai rata-rata skor SUS sisi guru 83,9 dan pada sisi siswa 87,3. Angka tersebut membuktikan jika aplikasi memiliki efektifitas, efisiensi, dan kepuasan yang baik sekali.
English Abstract
During the COVID-19 pandemic, the Directorate General of Higher Education urges learning activity to be done from home. Learning activities during the pandemic at SD Negeri Wates were carried out through a messaging service application on Android devices. More than 70% of teachers at SD Negeri Wates do not have laptops to support the learning process and 98.5% of students use Android devices. The absence of face-to-face interaction during the pandemic has reduced student scores and 17-28% of students admitted they did not understand the material given. Teachers also have difficulty in preparing K13 report cards, recapitulating student assignments, and obtaining and disseminating school information. The purpose of this research is to develop a mobile learning application by adjusting the needs and providing ease of operation. The method that will be used is Mobile-D because Mobile-D has flexible agile-like properties and is a suitable methodology for making mobile applications with a team of fewer than 10 people and the process can be done in less than 10 weeks. Data was collected through interviews and questionnaires. Based on the results of the research conducted, the user's assessment of the application with an average score of 83.9 on the teacher side and 87.3 on the student side. This figure proves that the application has excellent effectiveness, efficiency, and satisfaction.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0521150089 |
Uncontrolled Keywords: | mobile learning, mobile-d, android |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 03 Nov 2021 06:50 |
Last Modified: | 14 Mar 2022 03:15 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186407 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Giri Nugroho.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2023. Download (17MB) |
Actions (login required)
View Item |