Pengembangan Purwarupa COLEARN Untuk Pembelajaran Multimedia Siswa SMK Menggunakan Model User Centered Design, Retno Indah Rokhmawati, S.Pd., M.Pd. dan Dr.Eng. Ahmad Afif Supianto, S.Si., M.Kom.

Murti, Galih Wisnu (2021) Pengembangan Purwarupa COLEARN Untuk Pembelajaran Multimedia Siswa SMK Menggunakan Model User Centered Design, Retno Indah Rokhmawati, S.Pd., M.Pd. dan Dr.Eng. Ahmad Afif Supianto, S.Si., M.Kom. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam kondisi pandemi COVID-19 seperti ini, pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan metode daring. Pelaksanaan pembelajaran daring di SMK Negeri 1 Boyolangu dilaksanakan melalui e-learning dan video conference untuk membantu peserta didik untuk tetap belajar. Namun, dengan pelaksanaan pembelajaran tersebut peserta didik masih kesulitan memahami materi khususnya yang bersifat praktik. Aplikasi berbasis mobile untuk membantu proses pembelajaran sudah banyak digunakan dan terbukti menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Materi warna pada mata pelajaran dasar desain grafis penting disampaikan karena warna merupakan salah satu unsur penting dalam pembuatan sebuah desain. Penelitian ini bertujuan untuk membuat desain purwarupa mobile learning COLEARN untuk pembelajaran multimedia pada Sekolah Menengah Kejuruan. Dalam perancangan purwarupa COLEARN, peneliti menggunakan metode User Centered Design dan melakukan analisis profil model mental peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran. Profil model mental peserta didik dibentuk berdasarkan wawancara pengguna dan analisis rancangan pelaksanaan pembelajaran yang sebelumnya diterapkan didalam kelas. Profil model mental peserta didik mencerminkan pola kebiasaan belajar peserta didik sehingga dapat dijadikan urutan pembelajaran didalam sebuah purwarupa COLEARN. Proses perancangan desain solusi dimulai dari pembuaran wireframe, mockup dan purwarupa serta dilakukan validasi desain pada ahli dan perbaikan sebelum diujikan kepada pengguna. Hasil analisis profil model mental pembelajaran peserta didik menyerupai 9 peristiwa pembelajaran menurut Gagne. Dari pengembangan purwarupa COLEARN dapat mewakili 5 bagian dari keseluruhan profil model mental pembelajarn peserta didik. Selanjutnya pada proses pengujian dilaksanakan untuk mengukur tingkat efektifitas, efisiensi dan kepuasan pengguna menggunakan metode usability evaluation dan system usability scale. Dari hasil pengujian menunjukan tingkat efektivitas purwarupa COLEARN adalah 100% dengan efisiensi waktu 0.13 tugas per detik dan mendapatkan nilai 71 pada tingkat kepuasan pengguna. Dari hasil yang tersebut dapat disimpulkan bahwa purwarupa COLEARN yang dikembangan dengan analisis profil model mental peserta didik sudah bagus dan mampu diterima oleh pengguna.

English Abstract

In conditions of the COVID-19 pandemic like this, the implementation of learning is carried out using the online method. Online learning at SMK Negeri 1 Boyolangu is carried out through e-learning and video conferencing to help students keep learning. However with that implementation of learnig, students still have difficulty understanding the material, especially of pratical material. Mobilebased applications are widely used to assist the learning of process and are proven to create a pleasant learning atmosphere. Color material in multimedia learning needs to be delivered because color is an important element in a design. The purpose of this study to create design prototype mobile learning COLEARN for multimedia learning in Vocational High Schools. In designing the COLEARN prototype, researchers used the User Centered Design method and conducted a profile analysis of students' mental models in the implementation of learning. The mental model profile of students is formed from user interviews and analysis of learning implementation plans that were previously applied in the classroom. Mental model profile of students reflects the pattern of students' learning habits so that it can be used as a learning sequence in a COLEARN prototype. The process of designing a solution design starts with making wireframes, mockups and prototypes and validating the design to the experts, then improving that design befores testing to users. The results of the analysis of the mental model profile of students' learning resemble 9 learning events according to Gagne. From the development of the COLEARN prototype, it can represent 5 parts of the overall mental model profile of students' learning. Furthermore, the testing process is carried out to measure the level of Effectiveness, Efficiency and User Satisfaction using the Usability Evaluation Method and the System Usability Scale (SUS). The test results show that the effectiveness level of the COLEARN prototype is 100% with a time efficiency of 0.13 tasks per second and gets a value of 71 on the level of user satisfaction. From these results it can be concluded that the COLEARN prototype was developed with the analysis of the mental model profile of students is good and can be accepted by the user.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521150087
Uncontrolled Keywords: purwarupa, mobile learning, profil model mental, user centered design, prototype, mobile learning, mental profile model, user centered design
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 03 Nov 2021 06:36
Last Modified: 25 Sep 2024 01:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186398
[thumbnail of Galih Wisnu Murti.pdf] Text
Galih Wisnu Murti.pdf

Download (30MB)

Actions (login required)

View Item View Item