Pengembangan Aplikasi Pengolahan Pertanian Hortikultura Berbasis Web (Studi Kasus: Desa Wonosari Kecamatan Tutur), Agi Putra Kharisma S.T., M.T. dan Ir. Sutrisno, M.T.

Andini, Filan Maula (2021) Pengembangan Aplikasi Pengolahan Pertanian Hortikultura Berbasis Web (Studi Kasus: Desa Wonosari Kecamatan Tutur), Agi Putra Kharisma S.T., M.T. dan Ir. Sutrisno, M.T. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pertanian merupakan salah satu sektor yang berperan penting dalam membantu perekonomian Indonesia. Selain itu, kebutuhan primer manusia juga datangnya dari bidang pertanian. Sektor pertanian pun juga sangat beragam salah satunya adalah hortikultura yang mana hasil panen langsung digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mulai dari buah, sayur, ataupun kacang-kacangan. Dalam prosesnya, bisa dipastikan para petani tidak sedikit yang memiliki kendala sama seperti yang terjadi kepada petani di Desa Wonosari Kecamatan Tutur. Permasalahan yang sering dihadapi oleh petani di desa diantaranya tak sedikit yang memiliki kendala mulai dari modal tidak sesuai dengan anggaran dana, kesulitan dalam proses pengolahan pembukuan, serta tidak jarang pula mengalami kerugian dari harga panen yang anjlok karena harga pasar tidak dapat diprediksi. Terlepas dari kendala yang telah disebutkan sebelumnya pemilihan obat-obatan tanaman juga sangat berpengaruh sesuai dengan kondisi cuaca sehingga diperlukan pengalaman dan informasi yang akurat karena kendala cuaca juga menjadi salah satu faktor gagal panen. Oleh karena itu penelitian ini menawarkan solusi berupa pengembangan aplikasi pengolahan pertanian khususnya hortikultura dengan berbasis web agar dapat membantu para petani dalam melakukan pengolahan pertanian terkait tanaman hortikultura dengan mengakses informasi, membuat pembukuan manajemen keuangan, mengakses harga terbaru pemasaran hasil pertanian, dapat melakukan simulasi analisis usaha saat akan memulai bercocok tanam sesuai dengan anggaran dana serta dapat melakukan tanya jawab antar sesama petani untuk saling berbagi pengalaman atau hanya sekedar berbagi informasi. Proses pengembangan sistem menggunakan pendekatan Object Oriented dengan pola konsep M-V-C (Model-View-Controller) dari framework CodeIgniter. Metode yang digunakan adalah metode Waterfall serta database berupa MySQL. Kemudian, pada tahap pengujian dilakukan dengan melaksanakan pengujian kebutuhan fungsional yang dilengkapi strategi pengujian unit dan integrasi dengan metode whitebox serta pengujian validasi dengan metode blackbox yang menghasilkan nilai 100% valid. Sedangkan untuk pengujian kebutuhan non-fungsional dilakukan dengan menguji compatibility menggunakan tool SortSide agar dapat mengetahui sistem dapat dijalankan pada browser yang berbeda.

English Abstract

Agriculture is one of these sectors which is very important in helping the Indonesian economy. In addition, primary human needs also come from agriculture. The agricultural sector is also very diverse, one of which is horticulture, where the harvest is directly used to meet daily needs ranging from fruit, vegetables, or nuts. In the process, can be sure that there are not a few farmers who have the same problems as what happened to farmers in Desa Wonosari Kecamatan Tutur. The problems that are often faced by farmers in the village include, starting from who have problem lack of fund, difficulty of managing accountancy, and often got a crop failure cause of unpredictable market prices. Apart from the previously mentioned, the selection of plant medicine very influential in accordance with weather conditions therefore it required experience and information. Therefore, this research offers solutions in the form of developing agricultural processing applications especially horticulture with web-based in order to help farmers in processing horticultural agriculture by accessing information, managing accountancy, accessing the latest prices of agricultural marketing, can simulate business analysis when going to start farming according to the budget and can question answering between farmers to share experiences or just share information. System developing by Object Oriented approach with M-V-C (Model-View-Controller) concept pattern from CodeIgniter framework. The method used is Waterfall model and the database in the form of MySQL. Then, at the testing phase done by implementing functional requirement testing equipped with strategy unit and integration testing with whitebox method also validation testing with blackbox method that produces 100% valid value. As for non-functional requirement testing is done by compatibility testing using SortSide tool in order to know the system can be run on different browsers.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521150086
Uncontrolled Keywords: pertanian, hortikultura, web, agriculture, horticulture, website
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 03 Nov 2021 06:30
Last Modified: 24 Feb 2022 04:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186396
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Filan Maula Andini.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (8MB)

Actions (login required)

View Item View Item