Pengaruh Orientasi Pasar terhadap Pembelajaran Organisasi, Inovasi Organisasi, Transformasi Organisasi, Keunggulan Bersaing, dan Kinerja Perusahaan (Studi pada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Periode 2016).

Handayani, Suroyya Favorita (2018) Pengaruh Orientasi Pasar terhadap Pembelajaran Organisasi, Inovasi Organisasi, Transformasi Organisasi, Keunggulan Bersaing, dan Kinerja Perusahaan (Studi pada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Periode 2016). Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menjelaskan pengaruh (1) Orientasi Pasar terhadap Pembelajaran Organisasi ; (2) Orientasi Pasar terhadap Inovasi Organisasi; (3) Orientasi Pasar terhadap Transformasi Organisasi; (4) Orientasi Pasar terhadap Kinerja Perusahaan; (5) Pembelajaran Organisasi terhadap Inovasi Organisasi; (6) Pembelajaran Organisasi terhadap Transformasi Organisasi; (7) Pembelajaran Organisasi terhadap Keunggulan Bersaing; (8) Pembelajaran Organisasi terhadap Kinerja Perusahaan;(9) Inovasi Organisasi terhadap Keunggulan Bersaing; (10) Inovasi Organisasi terhadap Kinerja Perusahaan; (11) Transformasi Organisasi terhadap Keunggulan Bersaing; (12) Transformasi Organisasi terhadap Kinerja Perusahaan; (13) Keunggulan Bersaing terhadap Kinerja Perusahaan. Lokasi penelitian ini adalah Cabang BNI diseluruh Indonesia dengan responden seluruh Pimpinan Cabang Bank BNI yang berjumlah 169 orang. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan sampling jenuh. Variabel eksogen adalah Orientasi Pasar yaitu Budaya Organisasi yang efektif dalam menciptakan perilaku penting untuk penciptaan nilai unggul bagi pembeli serta kinerja dalam bisnis. Variabel endogen ada lima yaitu: Pembelajaran Organisasi, Inovasi Organisasi, Transformasi Organisasi, Keunggulan Bersaing dan Kinerja Perusahaan.Teknik analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif dan pembuktian hubungan antar variabel menggunakan model GeSCA. Pada model ini Pembelajaran Organisasi, Inovasi Organisasi dan Transformasi Organisasi serta Keunggulan Bersaing adalah variable mediasi bagi hubungan antara Orientasi Pasar dengan Kinerja Perusahaan.Beberapa temuan pada penelitian ini adalah sebagai berikut:(1) Orientasi Pasar berpengaruh positif signifikan terhadap Pembelajaran Organisasi; (2) Orientasi Pasar berpengaruh positif signifikan terhadap Inovasi Organisasi; (3) Orientasi Pasar berpengaruh positif signifikan terhadap Transformasi Organisasi; (4) Orientasi Pasar berpengaruh tidak signifikan terhadap Kinerja Perusahaan; (5) Pembelajaran Organisasi berpengaruh positif signifikan terhadap Inovasi Organisasi; (6) Pembelajaran Organisasi berpengaruh positif signifikan terhadapTransformasi Organisasi; (7) Pembelajaran Organisasi berpengaruh positif signifikan terhadap Keunggulan Bersaing; (8) Pembelajaran Organisasi berpengaruh tidak signifikan terhadap Kinerja Perusahaan; (9) Inovasi Organisasi berpengaruh positif signifikan terhadap Keunggulan Bersaing; (10) Inovasi Organisasi berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Perusahaan; (11) Transformasi Organisasi berpengaruh positif signifikan terhadap Keunggulan Bersaing; (12) Transformasi Organisasi berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Perusahaan; dan (13) Keunggulan Bersaing berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Perusahaan

English Abstract

The aims of this research are to examine and explain the influences of: 1) Market Orientation towards Organization Learning, 2) Market Orientation towards Organizational Innovation; 3) Market Orientation towards Organizational Transformation; 4) Market Orientation towards Company Performance; 5) Organization Learning towards Organizational Innovation; 6) Organization Learning towards Organizational Transformation; 7) Organization Learning towards Competitive Advantage; 8) Organization Learning towards Company Performance; 9) Organizational Innovation towards Competitive Advantage; 10) Organizational Innovation towards Company Performance; 11) Organizational Transformation towards Competitive Advantage; 12) Organizational Transformation towards Company Performance ; 13) Competitive Advantage towards Company Performance. This research is generated in PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, here after called as PT BNI. All around Indonesia, all branch managers of PT BNI consist of 169 people and it becomes the population of this study. Sampling technic used in this research is saturated sampling with census method. These primary and secondary data are then analyzed using generalized structured component analysis (GSCA). This results show that 1)Market Orientation has influenced Organization Learning sinificantly; 2) Market Orientation has influenced Organizational Innovation significantly; 3) Market Orientation has influenced Organizational Transformation significantly; 4) Market Orientation has influenced Company Performance insignificantly; 5) Organization Learning has influenced Organizational Innovation significantly; 6) Organization Learning has influenced Organizational Transformation significantly; 7) Organization Learning has influenced Competitive Advantage significantly; 8) Organization Learning has influenced Company Performance insignificantly; 9) Organizational Innovation has influenced Competitive Advantage significantly; 10) Organizational Innovation has influenced Company Performance significantly; 11) Organizational Transformation has influenced Competitive Advantage significantly; 12) Organizational Transformation has influenced Company Performance significantly ; 13) Competitive Advantage has influenced Company performance.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DIS/658.83/HAN/p/2018/061811552
Uncontrolled Keywords: Orientasi Pasar, Pembelajaran Organisasi, Inovasi Organisasi, Transformasi Organisasi, Keunggulan Bersaing, Kinerja Perusahaan,-Market Orientation,Organization Learning, Organizational Innovation, Organizational Transformation, Competitive Advantage, Company Performance
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research
Divisions: S2/S3 > Doktor Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 03 Nov 2021 04:03
Last Modified: 03 Nov 2021 04:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186381
[thumbnail of Suroyya Favourita Handayani.pdf]
Preview
Text
Suroyya Favourita Handayani.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item